Spesifikasi dan Harga Resmi Vivo X60 dan X60 Pro di Indonesia

vivo x60t
vivo x60t

Vivo resmi memboyong dua smartphone terbarunya dari keluarga X Series, yaitu X60 dan X60 Pro ke Indonesia. 2 varian terbaru dari Vivo tersebut sama-sama mengusung keunggulan di sektor kamera.

Launching tersebut dilakukan lewat acara peluncuran yang disiarkan langsung di kanal resmi media sosial Vivo Indonesia, Kamis (8/4/2021).

X60 dan X60 Pro pada dasarnya sama seperti pendahulunya yakni Vivo X50 dan X50 Pro, sektor kamera masih yang diunggulkan di kedua flagship anyar ini.

Kamera belakang Vivo X60 dan X60 Pro dirancang melalui kemitraan dengan pabrikan kamera asal Jerman, Zeiss. Vivo dan ZEISS menghadirkan teknologi kamera yang dijuluki “Vivo ZEISS Co-engineered Imaging System” di kedua ponsel tersebut.

Kemampuan sektor kamera tersebut diperkuat dengan ZEISS Optic, kamera belakang di Vivo X60 dan X60 Pro diklaim mampu menghasilkan foto berkualitas dengan tingkat ketajaman dan kejernihan gambar natural profesional khas lensa ZEISS.

Vivo X60 Series merupakan smartphone pertama Vivo dengan sistem pencitraan yang dikembangkan dengan ZEISS,” ujar Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma dalam acara peluncuran Vivo X60 Series yang digelar secara online, sebagaimana dikutip dari Kompas, Kamis (8/4/2021).

Berikut spesifikasi spesifikasi lengkap kedua varian terbaru dari ponsel unggulan Vivo tersebut:

Vivo X60 mengusung panel AMOLED berukuran 6,56 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layarnya memiliki refresh rate 120 Hz, touch rate 240 Hz, serta dilindungi dengan pelapis kaca Gorilla Glass 6.

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Folder Rahasia di Android Tanpa Menggunakan Aplikasi

Di bagian belakangnya, terdapat tiga kamera yang disusun dalam sebuah modul persegi yang dihiasi dengan logo “ZEISS”.

Di bagian depannya, terdapat kamera selfie 32 MP yang dimuat dalam sebuah punch hole di tengah atas layar.

Ketiga kamera ini terdiri dari kamera utama “Big Eye Camera” 48 MP (f/1.79), kamera ultrawide 13 MP (f/2.2, 2,5 cm Super Macro), dan kamera portrait 13 MP (f/2.46, 2x optical zoom).

Bagian kamera utama ponsel ini juga dibekali dengan fitur peredam guncangan berupa Optical Image Stabilizer (OIS).

Fitur pendukung fotografi lainnya mencakup ZEISS Biotar Portrait Style yang bisa memberikan efek bokeh berputar, Extreme Night Vision 2.0, Ultra-Wide Night Mode, HDR Super Night Portrait, serta Super Pano yang bisa memotret mode panorama di malam hari.

BACA: Eits, WhatsApp Sedang Uji Fitur Transfer Chat dari iOS ke Android, Berhasil?

Untuk performa, Vivo X60 ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 870 5G, RAM 8 GB, serta memori internal 128 GB. Baterainya berkapasitas 4.300 mAh dan mendukung pengisian daya cepat 33 watt.

Vivo X60 Pro sendiri memiliki spesifikasi yang mirip dengan “saudaranya”. Namun, ada sejumlah perbedaan yang membuat ponsel ini sedikit lebih unggul.

Perbedaan pertama terletak di kamera utama. Meski resolusinya sama-sama 48 MP, bukaan lensa kamera ini diperbesar menjadi f/1.48 dan turut dilengkapi dengan AI Noise Reduction.

Baca Juga:  Tips – tips Memilih Smartphone Pilhan Instagrambel

Dengan fitur tersebut, Vivo X60 Pro diklaim akan menghasilkan gambar yang lebih terang di kondisi low-light.

Fitur pembeda selanjutnya adalah kehadiran teknologi Gimbal Stabilization 2.0 yang diklaim mampu membuat kamera tetap stabil meski mengalami guncangan saat pengambilan gambar.

BACA: LG Resmi Tutup, Ini Klaim Soal Nasib HP Pelanggan

Hal itu disebabkan gimbal fisik di Vivo X60 Pro bisa menggerakkan lensa kamera ke posisi berlawanan dengan arah goyangan pada lima sumbu gerak (axis). Vivo menyebut sistem kerja penstabil gambar ini dengan “VIS 5-Axis Stabilization”.

“Gimbal Stabilization memungkinkan ‘Big Eye Camera’ dapat berputar fleksibel untuk mengimbangi guncangan, sehingga mencapai 100 persen stabilisasi bingkai dan gambar lebih stabil,” ujar Product Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala di kesempatan yang sama.

Tak cukup sampai disitu, teknologi Pixel Shift Ultra HD Imaging yang berfungsi untuk menghasilkan foto dengan tingkat detil lebih maksimal juga menjadi menu tambahan yang cukup memberikan kesan mewah Dadap ponsel besutan Vivo terbaru ini.

BACA: Siap-siap, Jadwal dan Daftar Ponsel Oppo yang Bisa Update ColorOS 11

Vivo X60 Pro dibekali dengan RAM dan memori internal yang lebih besar dibanding versi “reguler”, yaitu 12 GB dan 256 GB.

Kedua ponsel tersebut juga sudah menjalankan sistem operasi Android 1 yang dikombinasikan dengan tampilan antarmuka khas Vivo, FunTouch OS 11.1.

Meski demikian, baterainya sedikit lebih kecil dibanding Vivo X60 dengan kapasitas 4.200 mAh, namun, kecepatan pengisiannya masih sama yakni 33 watt.

Baca Juga:  533 Juta Data Pengguna Facebook Bocor, Ini Saran Kaspersky Biar Aman

BACA: Cara Aktifkan dan Matikan Layar HP Vivo Terbaru

Kedua ponsel besutan Vivo tersebut dibekali dengan berbagai pendukung yang cukup membuat para penggemar akan rela merogoh kocek yang lumayan. Pasalnya ponsel ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari dan NFC yang sudah jamak digunakan di beberapa ponsel terbaru dari para pesaingnya.

Ada pula fitur Extended RAM yang berfungsi untuk “meminjam” sedikit memori dari media penyimpanan internal (maksimal 3 GB), sehingga aplikasi yang dijalankan akan berjalan dengan optimal.

Sementara itu untuk varian warna yang tersedia dari Vivo X60 dan X60 Pro adalah Midnight Black dan Shimmer Blue.

BACA: Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp Aktif dalam Satu HP Android

Sedangkan untuk harga resmi di Indonesia, Vivo X60 dibanderol dengan harga Rp 8 juta, sedangkan Vivo X60 Pro dibanderol Rp 10 juta.

Bagi para penggemar dipersilahkan untuk mulai melakukan pre-order sejak 8 April hingga 15 April mendatang melalui e-commerce Blibli dan gerai resmi Vivo terdekat.

Para pemesan di jangka periode tersebut akan mendapatkan bonus berupa Vivo TWS Neo (X60 Pro) atau Bluetooth Speaker (X60).

Plus juga e-voucher senilai Rp 150.000 dan penawaran spesial bergabung dengan komunitas Vivo X Club.

BACA: Siap-siap ya! Google Segera Launching Android 12

Related posts