cloud server gratis Indonesia
cloud server gratis Indonesia

Rekomendasi 10 Penyedia Layanan Cloud Server Gratis Untuk Pemula

Portabs.com – Saat ini, sudah tersedia banyak sekali penyedia layanan cloud server. Namun, tidak semua penyedia tersebut memberikan jasa cloud server yang murah atau cloud server gratis. Oleh karena itu, penggunanya harus mengeluarkan biaya tertentu untuk berlangganan cloud server tersebut.

Namun, Anda jangan bersedih hati karena ada beberapa layanan yang menyediakan layanan cloud gratis bagi penggunanya. Tapi, biasanya layanan gratis tersebut memiliki batas waktu. Batas waktu yang diberikan pun berbeda-beda tergantung dari penyedia yang Anda pilih.

Selain memiliki batas waktu, penyedia layanan cloud VPS gratis juga memberikan batasan untuk kapasitas storage dan fasilitasnya. Namun, kapsaitas yang terbatas tersebut sudah lebih dari cukup untuk banyak pihak dalam memudahkan aktivitas mereka.

Syarat rata-rata untuk mendapatkan layanan cloud hosting gratis yaitu meminta pengguna  untuk membuat user yang terintegrasi dengan email. Terkadang, ada juga yang meminta untuk melakukan integrasi ke akun lain atau nomor ponsel.

Trending:  Tujuh Layanan VPS Linux Murah Terbaik Terbaru 2021

Lantas, apa sajakah penyedia layanan cloud server yang gratis? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

Google Cloud Platform

Google Cloud Platform adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan komputasi berupa cloud server gratis.  Cloud server Gratis Indonesia ini sudah beroperasi di Jakarta sejak 24 Juni 2020.

Beberapa layanan yang ditawarkan oleh Google Cloud Paltform adalah layanan-layanan yang ada di program Google Cloud Platform Free Tier. Dalam program tersebut, pengguna bisa bebas melakukan aktivitas secara gratis selama 1 tahun.

Contoh layanan yang tersedia di program tersebut yaitu Cloud Datastore Compute Engine, Container Engine, Cloud Function, Cloud Vision, StackDriver, App Engine, BigQuery, Cloud Speech, Container, Cloud NLP, Builder, Source Repositories, Cloud Pub/Sub, Cloud Storage, dan banyak lainnya.

Trending:  Cara Daftar Domain Gratis di Freenom Lengkap

Jadi, Anda hanya perlu memilih layanan yang paling cocok dengan kebutuhan. Dengan menggunakan layanan dari program tersebut, berarti Anda sudah berhemat dalam pengeluaran untuk membangun website.

Amazon Web Service

Amazon Web Service merupakan layanan yang memberikan penyimpanan cloud yang sudah terintegrasi, sehingga pengguna bisa melakukan kustomisasi/perubahan sesuai dengan keinginan masing-masing pengguna.

Batas waktu yang diberikan oleh Amazon Web Service untuk layanan cloud server gratis ini yaitu selama 1 tahun. Beberapa layanan yang tersedia di Amazon Web Service yaitu DynamoDB, QuickSight, Lambda, SQS, RDS, SNS, EC2, S3, dan lain sebagainya.

Microsoft Azure

Microsoft Azure merupakan platform terbaik yang dibentuk oleh Microsoft. Kelebihan dari paltform ini adalah pengguna tidak perlu khawatir masalah keamanan data yang tersimpan di cloud, karena sistem kemananan di Microsoft Azure sudah tersertifikasi ISO 27018.

Trending:  Enam Layanan Web Hosting Indonesia Terbaik 2021

Hal ini membuat pengguna bisa membangun teknologi cloud service, web application,   atau aplikasi lainnya yang menggunakan virtual machine. Microsoft Azure memberikan layanan cloud server secara gratis sebesar 15GB untuk pengguna Dropox.

Setelah itu, Anda akan diberikan akses gratis ke mesin virtual Windows, mesin virtual Linux, basis data, penyimpanan file, dan bandwidt selama 1 tahun ke setiap penggunanya. Jadi, Anda bisa menggunakan Microsoft Azure jika ingin mendapatkan coud server windows gratis.

Alibaba Cloud

Tidak jauh berbeda dengan Amazon Web Service, perusahaan ini juga memebrikan layanan untuk cloud server gratis selama 1 tahun untuk penggunanya. Program layanan cloud secara gratis ini bernama Alibaba Cloud Free Credit.

Sejumlah layanan yang bisa Anda dapatkan dari program Alibaba Cloud Free Credit yaitu Content Delivery Network, RDS, Table Store, Object Storage Service, Server Load Balancer, ECS, dan Redis. Dengan menggunakan cloud gratis ini, maka Anda sudah bisa menghemat biaya untuk membangun sebuah web profesional.

Trending:  9 Rekomendasi Dedicated Server Indonesia Terbaik untuk Website anda

IBM Bluemix

IBM Blumix hanya memberikan layanan cloud gratis selama 1 tahun kepada penggunanya.  Kapasitas container memori yang diberikan pun hanya sebesar 2GB. Namun, kelebihan dari menggunakan layanan ini adalah proses registrasi yang mudah karena tidak menggunakan kartu kredit.

Untuk menikmati layanan ini, Anda juga tidak perlu mendaftar sebagai pengguna IBM, karena pengguna non-IBM juga bisa menggunakannya dengan mengikuti syarat-syarat yang ditentukan.

Heroku

Penyedia layanan cloud server gratis yang selanjutnya yaitu Heroku. Heroku memberikan layanan cloud gratis sebesar 512MB untuk RAM dari setiap apps dan . akun Anda dapat digunakan untuk 5 apps yang berbeda. Sejumlah layanan menarik yang ada di Heroku yaitu Redis, Storage Add-ons, Postgres, dan Heroku Apps.

Trending:  Inilah 8 kriteria blog yang baik

UP Cloud

UP Cloud memang belum dikenal oleh banyak orang. Namun, layanan ini recommended untuk mendapatkan cloud server gratis. Perusahaan UP Cloud memberikan kebebasan free trial selama 3 hari untuk setiap pengguna.

Dalam free trial tersebut, pengguna bisa mengeksplore semua layanan yang ada sebelum semuanya berbayar. Jadi, jika Anda kurang puas dengan layanan yang diberikan, maka Anda tidak perlu melanjutkan menggunakan UP Cloud dengan cara berhenti menggunakan free trial.

Degoo

Degoo menawarkan penyimpanan cloud server gratis dengan kapasitas sebesar 100GB. Ruang penyimpanan tersebut tentu terbilang besar jika didapatkan secara gratis. Akan tetapi, ada beberapa batasan untuk layanan ini.

Salah satu batasannya yaitu  Anda hanya bisa mengupload file dari satu perangkat saja. Namun, tidak ada batasan perihal mengunduh atau melihat file tersebut di lebih dari satu perangkat.  Untuk memastikan akun Anda tetap aktif, maka setidaknya Anda harus log-in setiap 90 hari sekali.

Trending:  Tutorial Cara Membuat Domain Dan Hosting Gratis 2021

Mega

Cloud server ini didirikan oleh Kim Dotcom. Perusahaan ini berada di urutan nomor 10 besar pada daftar cloud server gratis. Hal ini karena Mega menyediakan cloud gratis sebesar 50GB. Namun, perlu Anda ingat bahwa penyimpanan sebesar 50GB tersebut hanya gratis untuk 30 hari pertama dan menjadi hanya 15GB setelahnya.

Nah, jika Anda menginginkan kapasitas ekstra, maka Anda bisa mendapatkan penyimpanan sebesar 20GB jika menginstal aplikasi Mega di desktop. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan  15GB tambahan jika mau menginstall aplikasi Mega di hp.

Namun, keduanya itu akan kedaluwarsa setelah 180 hari. Tidak ada batasan untuk ukuran file yang diupload. Hanya saja ada batasan untuk  bandwidth yakni maksimal 1GB tiap 6 jam sekali.

Trending:  3 Faktor Mengapa Blog Anda Sepi dari Pengunjung

Google Drive

Penyedia layanan cloud server gratis lainnya adalah Google Drive. Layanan penyimpanan cloud ini bisa dibilang memiliki pengguna terbanyak saat ini, karena Google Drive mudah digunakan, tersedia di semua platform besar, dan tidak mengandung iklan.

Penyimpanan Google cloud server gratis ini memberikan kapasitas sebesar 15GB saja. Angka ini memang tidak terlalu besar jika Anda memiliki banyak file yang ingin diupload. Tapi, jika hanya untuk website atau blog pribadi, ukuran tersebut masih cukup bagus.

Dari sekian banyak penyedia layanan cloud server gratis di atas, Anda bisa memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, aktifitas Anda akan menjadi semakin lancar dan mudah. Sekian penjelasannya dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.