Advertisements
Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret
Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret? Cari Tahu Alasan dan Solusinya, Yuk!

Advertisements

PORTABS.COM – Melakukan foto kini jadi semakin mudah terlebih perkembangan kamera HP yang semakin canggih. Namun sayangnya, kali ini tidak bisa melakukan sesi potretan dengan HP kesayangan Anda. lalu apa sih penyebab kamera HP tidak bisa memotret? Yuk, disimak baik-baik ulasannya.

Kecanggihan ponsel di jaman sekarang memang jauh berbeda dari jaman dahulu.  Jangankan terdapat kamera melakukan kirim pesan dan telepon saja sudah cukup.

Namun, kali ini HP disertai dengan kamera yang tak kalah canggihnya dengan kamera biasanya. Meski begitu kemungkinan kamera HP bisa saja tidak berfungsi. Untuk itu yuk cari tahu alasannya!

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret? Apa Penyebabnya?

Memang sangat praktis melakukan potret foto dengan HP, tinggal sekali klik hasil potretan akan terlihat di layar. Meski begitu, kadang-kadang kamera di HP atau HP tidak mendukung untuk bisa melakukan potret alias kamera HP tidak berfungsi.

Trending:  Cara Menggunakan Fitur "OK Google" di Android 2019

1.    Error

Penyebab pertama biasanya disebabkan adanya ke-error kamera atau bahkan kamera HP sedang terjadi kerusakan. Oleh karena itu, Anda bisa memeriksanya langsung melalui setting atau pengaturannya.

2.    Terjadinya Bug

Bug biasanya yang menjadi alasan paling sering kenapa kamera HP tidak bisa memotret. Perbaharuan sistem atau gagalnya melakukan update sistem menjadi salah satu pengaruh kamera HP tidak bisa digunakan.

3.    Efek Root

Kamera HP tidak dapat melakukan potret foto? Bisa saja alasanya karena Anda telah melakukan Root HP. Root HP biasanya dapat menimbulkan efek, salah satunya kamera HP yang gagal berfungsi. Sehingga Anda tidak dapat menggunakan HP untuk memotret.

4.    Sistem yang Tidak Stabil

Penyebab selanjutnya yang membuat kamera tidak bisa melakukan ambil foto yakni adanya sistem yang tidak stabil hal ini biasanya dipengaruhi penyimpanan data yang penuh. Sehingga tidak dapat melakukan pemotretan menggunakan kamera HP.

5.    Terdapat Kerusakan Komponen HP

Adanya kerusakan komponen HP bisa menjadi penyebab kamera HP tidak dapat melakukan potret kamera. Biasanya kerusakan yang berpengaruh pada kamera yakni kerusakan Chipset, IC, hingga kerusakan secara langsung dari kameranya. Hal ini disebabkan HP yang terjatuh atau terkena air. Jika ini terjadi, maka Anda harus melakukan service ulang.

Trending:  Ada 2 Cara Melacak Keberadaan HP Android yang Hilang atau Dicuri

Nah itulah beberapa penyebab mengapa kamera HP tidak bisa melakukan pemotretan. Meski hal ini terjadi pada Anda, Anda tetap bisa menggunakannya setelah Anda berhasil mengatasinya. Lalu, bagaiamana cara mengatasi kamera yang tidak dapat digunakan untuk memotret? Di bawah ini penjelasannya.

Cara Mengatasi Kamera HP yang Tidak Bisa Memotret

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kamera HP yang tidak dapat memotret. Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

1.    Restart HP

Yang pertama Anda bisa melakukan restart HP. Langkah sederhana ini bisa dikatakan efektif untuk beberapa masalah. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan restart HP untuk mengatasi kamera yang tidak bisa digunakan untuk memotret.

2.    Menghapus Cache atau Data Aplikasi

Yang kedua Anda bisa menghapus cache atau data aplikasi. Biasanya penyimpanan ponsel yang penuh seperti cache dan data di setiap aplikasi bisa menyebabkan tidak berfungsinya kamera HP.

Dengan menghapus dan memastikan penyimpanan HP tidak penuh, Anda bisa melakukan uji percobaan ulang untuk memastikan apakah kamera tersebut dapat digunakan atau tidak.

Cara ini sangat mudah Anda bisa langsung mengahapus data-data yang tidak Anda gunakan atau menuju ke halaman penghapusan cache dan cookie ponsel. Selain itu Anda bisa menuju ke manajer aplikasi dan memilih aplikasi kamera lalu menghapus data dan  cache-nya.

Trending:  Cara Download Capcut Pro MOD APK V3.1.0 Terbaru 2021

3.    Paksa Berhenti Kamera

Untuk mengatasi kamera yang tidak bisa digunakan untuk memotret yakni Anda bisa melakukan paksa berhenti aplikasi kamera.

Caranya sangat mudah, Anda bisa menuju ke manajer aplikasi kamera lalu klik ‘Paksa Berhenti’ lalu Anda bisa membuka kembali untuk mencobanya.

4.    Install Antivirus

Di HP Anda tidak terdapat aplikasi antivirus? Lakukan install aplikasi antvirus sekarang juga. Lalu,  lakukan scanning untuk mengembalikan fungsi kamera HP sehingga Anda bisa menggunakannya kembali. Cara ini bisa menjadi cara yang tepat untuk dicoba.

5.    Gunakan Aplikasi Tambahan

Cara terakhir ketika Anda sudah melakukan cara-cara di atas namun masih tidak bisa menggunakan kamera tersebut, Anda bisa menambahkan aplikasi tambahan kamera seperti camera 360 atau aplikasi kamera lainnya.

Nah, itulah cara penjelasan mengenai cara atasi kamera yang tidak bisa digunakan untuk memotret. Selamat mencoba.

Setelah mengetahui penyebab apa yang mengakibatkan kamera tidak berfungsi untuk memotret, Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan atau merawat ponsel Anda agar tidak terjadi masalah serupa ini.