Pengertian Web Hosting Adalah dan Jenis Hosting

Web Hosting Adalah, Pengertian dan Jenis Hosting

Porbas.com – Web hosting adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin membangun sebuah web berkualitas dan profesional untuk mendukung performance dan kelancaran bisnis anda. Tapi, apakah anda sudah tahu dan paham apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan web hosting adalah?

Bagi Anda yang masih belum terlalu paham tentang apa itu web hosting, yuk simak ulasannya tentang pengertian web hosting, jenis-jenisnya, serta rekomendasi web hosting terbaik di tahun 2021 berikut ini.

Pengertian Web Hosting

Pengertian web hosting adalah layanan daring yang berfungsi untuk mengaktifkan website di internet. Jadi, saat Anda mengeksplor sesuatu di internet dan mengetik nama website milik Anda, maka semua data dapat ditampilkan dengan cepat berkat adanya space server.

Space server sendiri tersedia karena adanya web hosting. Selain memiliki fungsi utama tersebut, fungsi web hosting adalah menjaga server tetap aktif dan berjalan sebagaimana mestinya.

Baca Juga:  Bagaimana meningkatkan pengunjung blog secara instan?

Selain itu, web hosting juga berfungsi mengamankan website Anda dari serangan cyber. Tidak hanya itu, web hosting juga berfungsi memindahkan selmua konten yang ada di server ke website Anda.

Jenis-jenis Web Hosting

Selain memiliki fungsi yang beragam, web hosting juga memiliki jenis yang beragam. Penyedia web hosting menyediakan penawaran yang berbeda untuk memenuhi setiap kebutuhan hosting dari pelangannya. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis web hosting yang perlu Anda ketahui.

  1. Shared Hosting

Shared hosting adalah salah satu jenis web hosting yang sering digunakan oleh pelanggan. Hal ini karena jenis web hosting ini mudah dan sederhana. Dengan menggunakan shared hosting, Anda bisa berbagi server dengan pelanggan lainnya di provider layanan yang sama.

Kelebihan dari web hosting adalah ramah bagi pemula, harga yang lebih murah, control panel yang lengkap, dan maintenance seluruhnya tanggung jawab penyedia hosting. Namun, kekurangannya adalah tidak bisa mengontrol konfigurasi serta risiko karena berbagi web hosting.

  1. VPS Hosting
Baca Juga:  Cara mengetahui jumlah pengunjung yang sedang melihat blog kita

Jenis web hosting yang selanjutnya adalah VPS Hosting. VPS hosting merupakan server yang cocok untuk website bisnis dengan traffic tinggi.

Kelebihan dari web hosting adalah VPS hosting  ini yaitu tidak ada risiko jika   traffic  website lain meningkat. Anda juga bisa memiliki akses ke server dan dapat melakukan pengelolaan secara pribadi.

Namun, kekurangan dari web hosting adalah pengelolaan VPS hosting harus disertai dengan pengetahuan manajemen server yang bagus karena Anda bisa mengelola server secara pribadi.

  1. Cloud Hosting

Cloud hosting sangat cocok sekali untuk website bisnis yang memiliki skala besar. Mengapa demikian? Hal ini karena cloud hosting dapat dikelompokkan menjadi beberapa server. Jadi, meskipun lalu lintas website Anda cukup padat, maka otomatis akan dipindahkan ke server yang lain sehingga tidak terjadi down.

Baca Juga:  Cara Membuat Gambar Header Blogger Dgn Gambar Kita Sendiri

Untuk biaya hosting web ini sendiri berbeda-beda tergantung dari paket yang Anda pilih.  Meski memiliki kelebihan, cloud hosting juga memiliki kekurangan. kekurangan web hosting adalah cloud hosting tidak memiliki akses ke root.

  1. WordPress Hosting

Jenis web hosting yang terakhir adalah WordPress hosting. WordPress hosting memiliki konfigurasi yang sangat optimal. Dengan demikian, loading website menjadi lebih cepat dan seringkali terhindar dari berbagai masalah.

Biaya untuk WordPress hosting juga relatif murah. Namun, kekurangannya web hosting adalah hanya bisa menampilkan website yang dibuat dengan menggunakan WordPress saja.

Web Hosting Terbaik 2021

Nah, setelah mengetahui pengertian dari web hosting adalah, jenis-jenisnya serta kelebihan dan kekurangannya, ketahui juga daftar web hosting terbaik tahun 2021 berikut ini.

  1. Niagahoster

Niagahoster merupakan salah satu penyedia web hosting yang terkenal yang sudah menangani lebih dari 50.000 situs online. Selain itu, Niagahoster juga memberikan berbagai macam layanan hosting, seperti hosting murah unlimited, layanan plan Cloud hosting, dan VPS hosting.

Baca Juga:  Sabar adalah kunci blog professional

Plan-plan tersebut mempunyai harga dan paket yang berbeda, sehingga Anda bisa memilih paket dan harga yang sesuai dengan kebutuhan. Kelebihan lainnya dari web hosting ini adalah performa hosting yang terbaik dan terstabil di kelasnya.

Selain itu, performa situs bisa dimaksimalkan jika Anda menggunakan Niagahoster karena adanya optimasi situs dan perangkat SEO. Optimisasi situs dan perangkat SEO ini diberikan secara gratis oleh pihak Niagahoster di seluruh paket yang mereka tawarkan.

Untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan tersebut, Anda harus memesan paket layanan web hosting setidaknya untuk 1 tahun. Oleh karena itu, provider web  hosting ini disarankan untuk orang yang ingin membuat portal berita atau toko online yang ramai pengunjung.

Baca Juga:  Sembilan Layanan Web Hosting Gratis Untuk Website Anda

Bagi Anda yang masih kurang berpengalaman dalam mengelola dan membangun web, jangan khawatir karena tersedia sistem Live Chat 24/7 yang siap membantu. Dengan layanan tersebut, Anda bisa menanyakan solusi dari keluhan terkait web.

  1. IDcloudHost

IDCloudHost juga salah satu rekomendasi web hosting terbaik yang memberikan berbagai macam layanan, seperti Dedicated Server, Cloud Hosting, dan VPS server. Penyedia WordPress hosting ini juga dapat meningkatkan trafik website bagi pemula yang ingin membuat web profesional dan berkualitas.

IDCloudHost juga menyediakan banyak fitur dan layanan menarik bagi pelangannya. Selain itu, kelebihan lainnya yaitu website atau blog Anda akan jarang sekali mengalami down apabila menggunakan jasa web hosting dari IDCloudHost.

Web juga menjadi lebih mudah diakses meskipun web Anda sedang banyak pengunjung. Hal ini karena IDCloudHost menyediakan kapasitas bandwidth yang cukup besar, sehingga server mampu menampung semua data website Anda.

Baca Juga:  9 Rekomendasi Dedicated Server Indonesia Terbaik untuk Website anda

Hal menarik lainnya adalah penyedia web hosting ini juga memberikan banyak promo dan diskon hingga 25% untuk setiap paket pembelian. Selain itu, IDCloudHost juga akan memberikan domain secara gratis selama web hosting masih dalam status aktif.

  1. Ardetamedia

Web hosting dengan kualitas terbaik selanjutnya yaitu Ardetamedia. Web hosting ini memiliki skor uptime sebesar 99.89% dengan speed 712,57 ms dan rating support sebesar 8,5/10.

Dari nilai Speed tersebut, web hosting ini menunjukkan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman web secara penuh sangatlah cepat. Selain itu, Ardetamedia juga menggunakan teknologi terbaru untuk server hostingnya yaitu LiteSpeed Web Server yang membuat kinerja server lebih cepat.

Namun, kekurangan dari prover hosting ini adalah nilai uptime server yang kurang memuaskan. Akan tetapi, provider web hosting ini masih layak untuk Anda gunakan karena penilaian hal lainnya sangatlah baik. Secara khusus, kecepatan yang diatas rata-rata tersebut membuat web hosting ini direkomendasikan.

  1. Hawkhost
Baca Juga:  Cara Mengganti Domain Blog Secara Gratis

Hawkhost adalah web hosting Indonesia yang cocok untuk pengembang website dengan target pengunjung internasional. Hal ini karena data center Hawkhost mendukung untuk pengunjung internasional, mengingat data centernya berada di Toronto, New York, LA, Singapura, Dallas, Hongkong dan Amsterdam.

Selain itu, kelebihan dari Hawkhost adalah keamanan data yang sudah otomatis teruji. Hal ini karena keamanan data telah dilindungi menggunakan teknologi pelindung tier 3 dan tier 4.

Hawkhost juga memberikan penawaran paket hosting VPS dengan teknologi SSD RAID 10. Teknologi tersebut sangat mendukung kecepatan website ketika diakses. Jika Anda ingin berlangganan.