Peringgatan! Penambangan Cryptocurrency seperti Chia akan Membatalkan Garansi SSD

Mining Cryptocurrency
Mining Cryptocurrency Foto: Reuter

Pembuat SSD, Galax, memperingatkan pengguna bahwa menambang cryptocurrency yang membutuhkan volume dan kecepatan berlebihan pada perangkat penyimpanan akan membatalkan garansi untuk SSD. Perusahaan memposting pemberitahuan di situs web China-nya untuk memperingatkan pengguna tentang kehilangan jaminan SSD mereka di antara sejumlah besar orang yang ingin menambang Chia, cryptocurrency baru yang dibuat oleh pengembang protokol BitTorrent Bram Cohen. Tidak seperti cryptocurrency terkenal termasuk Bitcoin dan Ethereum yang membutuhkan pemrosesan yang kuat, Chia membutuhkan lebih banyak penyimpanan over-processing untuk menambangnya.

Tidak secara khusus menyebut Chia, Galax mengatakan dalam pemberitahuan bahwa pengguna SSD-nya akan membatalkan garansi jika mereka menggunakannya untuk menambang cryptocurrency, menghasilkan volume penulisan data jauh di atas pola penggunaan normal. Perusahaan yang berbasis di Hong Kong telah menjadi salah satu produsen SSD pertama yang mengomentari dampak yang muncul dari cryptocurrency yang membutuhkan penyimpanan SSD untuk penambangan.

Chia adalah salah satu mata uang kripto, dan meskipun belum memulai perdagangan, ia telah menarik orang-orang yang ingin menambang mata uang kripto. Sejumlah besar penambang Xia potensial berasal dari kawasan Asia Pasifik – kebanyakan dari China – dan sudah memiliki hard drive berkapasitas tinggi untuk penambangan Chia.

Menurut laporan DigiTimes, seperti dikutip TechSpot, pesanan SSD berkapasitas tinggi untuk Adata tumbuh sebanyak 500 persen di bulan April dibandingkan bulan sebelumnya. Produsen perangkat memori periferal China Jiahe Jinwei juga menyebutkan bahwa 1TB, 2TB NVMe SSD telah dijual di pasaran.

Chia mengandalkan bukti waktu dan mekanisme penambangan penyimpanan sebagai alternatif dari bukti kerja tradisional, yang digunakan Bitcoin dan Ethereum. Dengan demikian, ini membutuhkan penyimpanan yang lebih besar dan kecepatan tulis yang lebih cepat daripada kinerja kelas atas yang sering didapat penambang cryptocurrency lainnya dari kartu grafis premium.

Meskipun bukti waktu dan penyimpanan diyakini sebagai alternatif yang lebih adil dan lebih hijau dari mekanisme saat ini di dunia blockchain, minat yang meningkat di Chia kemungkinan akan berdampak negatif pada pasar SSD karena calon penambang mulai menyimpan SSD berkinerja tinggi. Meningkatnya permintaan SSD – terutama yang memiliki kapasitas penyimpanan terabyte – kemungkinan akan membebani persediaan mereka dan pada akhirnya membayar harganya.

Namun, meningkatnya permintaan penyimpanan untuk penambangan di Chia juga dapat mendorong pembuat SSD untuk membangun hard drive penambangan dari waktu ke waktu.

Sumber: gadgets.ndtv.com