Review Samsung Galaxy S21, HP Compact dengan Spesifikasi Menggoda

Galaxy S21, Ultra, Plus
Gambar: jawapos

Samsung Galaxy S21, Samsung Galaxy S21 Ultra dan Samsung Galaxy S21 Plus jadi salah satu smartphone andalan Samsung pada awal 2021. itu bersambut dengan antusiasme para pengunjung untuk melihat HP tersebut dalam perhelatan   Galaxy Unpacked dihelat Januari lalu.

Ponsel gahar dengan fitur lengkap dan spesifikasi mumpuni tersebut membuatnya lebih unggul daripada generasi sebelumnya, Galaxy S21.

Akan tetapi, ternyata Galaksi S21 memiliki daya tarik tersendiri di balik bodinya yang nampak Compact.

Dikutip dari detikINET (2/4/21), berikut hasil reviu terhadap performa Galaxy S21:

Layar

Dengan harga yang lebih murah dari Galaxy S21 Ultra, membuat Samsung melakukan sejumlah pemangkasan fitur, salah satunya pada layar. Galaxy S21 mengusung layar flat, resolusinya turun dari QHD ke Full HD.

Untungnya refresh rate layar ponsel ini masih 120 Hz dan punya tingkat brightness hingga 1.300 nit. Selain itu penggunaan panel Dynamic AMOLED 2X membuat suguhan warna tetap memanjakan mata.

Dengan bentangan layarnya yang berukuran 6,2 inch terasa cukup untuk menikmati video, bermain game maupun membaca teks.

Samsung juga telah membuat peningkatan signifikan pada pemindai sidik jari pada layar di Galaxy S21 dibandingkan sebelumnya. Sensornya sendiri 70% lebih besar jadi mudah menempelkan jari, dan kinerjanya pun lebih cepat.

Baca Juga:  Cara Download Capcut Pro MOD APK V3.1.0 Terbaru 2021

Desain

Ketika menggenggam Galaxy S21, kami langsung menyukainya. Sebab dimensinya 151.7 x 71.2 x 7.9 mm begitu compact, membuatnya nyaman di tangan dan begitu erat dalam genggaman.

Rasanya jarang ponsel premium flagship mengusung dimensi kecil seperti Galaxy S21. Selain Samsung, hanya Apple yang mengeluarkan iPhone 12 Mini. Semogalah dengan adanya dua ponsel tersebut memancing vendor lain untuk menghadirkan hal serupa.

Varian yang dipinjamnya ke detikINET adalah Phantom Violet, tampilannya begitu manis dilihat. Balutan warna emas pada desain Contour Cut tampak sangat mentereng dan begitu sempurna dipadukan dengan nuansa ungu di cover belakangnya.

Sedikit me-refresh, Contour Cut sendiri merupakan desain baru yang dibuat Samsung. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini menyatukan ‘rumah’ kamera dengan rangka body. Konsep ini belum pernah digunakan sebelumnya sehingga memberikan penyegaran pada tampilan Galaxy S21 series.

Beralih ke bagian belakang Galaxy S21, Samsung memberikan sentuhan matte yang terasa halus, bebas noda sidik jari dan bener-benar menyamarkan material yang digunakan. Ya, kamu tidak akan menyadari kalau bagian belakangnya terbuat dari plastik polycarbonate. Dan mengejutkannya lagi ponsel ini mengantongi IP68 alias tahan air dan debu.

Baca: OPPO A54 Rilis, Ini Harga dan Spesifikasi Jagoan Baru Milenial Indonesia

Bicara soal dimensinya yang begitu mungil membuat bobot Galaxy S21 enteng. Beratnya hanya 169 gram, padahal layarnya dilapisi Gorilla Glass Victus dan framenya menggunakan aluminum.

Baca Juga:  Cara Log Out Akun Gmail dari Perangkat Lain Agar Tidak di Buka Orang

Performa

Galaxy S21 di Indonesia ditenagai Exynos 2100. Samsung memadukannya dengan RAM LPDDR5 8 GB.

Racikan tersebut mampu menyuguhkan performa yang kencang untuk mengakses sejumlah aplikasi sekaligus. Bermain game Call of Duty Mobile berjalan mulus dengan pengaturan rata kanan. Berkat refresh rate 120 Hz membuat tampilan game jadi semakin halus.

Baca: Spesifikasi dan Harga Realme C25, Ponsel dengan Baterai Bongsor

Berdasarkan hasil pengujian ponsel ini dengan sejumlah aplikasi benchmark. Ternyata menunjukkan hasil yang tergolong mumpuni untuk di kelasnya.

– Antutu 592193

– PCMark Work 2.0 Performance 10769

– Geekbench Single Core: 1007

– Geekbench Multi Core: 3231

Sementara itu, hasil uji Galaxy S21 Ultra menunjukkan:

Baca: Xiaomi Mi 11 Pro dan Mi 11 Ultra Bawa Senjata Rahasia, Ini Harga dan Spesifikasinya

– Antutu 637797

– PCMark Work 2.0 Performance 14512

– Geekbench Single Core: 733

– Geekbench Multi Core: 3264

Spesifikasi Samsung galaxy s21

Kamera

Tiga kamera tertanam di bagian belakang Galaxy S21. Komposisinya kamera utama 12 MP (wide), bersanding dengan lensa telephoto 64 MP dan ultra-wide 12 MP.

Tidak dapat disangkal perangkat anyar Samsung ini mampu menangkap gambar yang indah. Detailnya tajam, warnanya cerah, dan terkadang foto tidak perlu diberikan sejumlah filter atau pemrosesan untuk diupload ke sosial media.

Baca Juga:  Cara Membedakan Samsung Asli dan yang Palsu (Imitasi)

Baca: Xiaomi Redmi Note 10 Diluncurkan, Redmi Note 9 Banting Harga

Baterai

Lantaran bodinya yang kecil membuat baterainya cuma 4.000 mAh. Dengan kapasitas tersebut mampu menyuplai daya hingga 9 jam penggunaan dengan layar diatur ke mode adaptif.

Dan benar saja ketika kami menguji menggunakan PCMark, skor pengujian Work 2.0 Battery Life mencapai 9 jam 57 menit. Samsung membekali Galaxy S21 ini dengan pengisian cepat 25W. Butuh waktu 30 menit untuk baterai terisi 55%.

Baca: Asus ROG Phone 5, HP Gaming dengan Performa Sangar

Kesimpulan

Galaxy S21 merupakan produk Samsung yang bisa memberikan pengalaman tersendiri bagi para penggunanya. bisanya yang ramping membuatnya sangat mudah ketika dioperasikan dengan satu tangan sekalipun.

Sedangkan dari segi performa, ponsel ini tidak bisa diragukan lagi, meskipun hanya dibekali dengan kapasitas baterai yang relatif kecil 4000 mAh saja. Sayangnya Samsung masih memberikan dukungan pengisian charger 25W.

Namun demikian, secara keseluruhan ponsel ini yang tetap merupakan salah satu yang bisa menjadi pilihan, performanya cukup gahar dan tampilannya juga cukup menarik.

Baca: Realme Narzo 30A, Spesifikasi Gahar dengan Harga Murah

Related posts