Melacak Keberadaan HP Android yang Hilang
Melacak Keberadaan HP Android yang Hilang

Ada 2 Cara Melacak Keberadaan HP Android yang Hilang atau Dicuri

Merupakan sesuatu yang sangat menjengkelkan ketika kita kehilangan HP, baik karena dicuri orang, terjatuh, maupun lupa tempat menyimpannya. Pasalnya, hp sudah menjadi kebutuhan primer untuk para milenial dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.

Lantas, bagaimana cara menemukan HP yang hilang? Adakah cara atau pola aplikasi yang bisa membantu menemukan letak dan posisi HP tersebut?

Mau tahu bagaimana caranya? Simak ulasan ini selengkapnya.

  1. Melacak Hp Yang Hilang Dengan Menggunakan Google Maps Dan Gmail

Cara melacak HP yang hilang yang pertama ialah dengan menggunakan aplikasi layanan Google Maps. Aplikasi bawaan Google ini bisa kamu andalkan untuk mencari ponsel kamu yang hilang.

Trending:  Mengubah Emoji Android Seperti Emoji IOS 14 Paling Baru

– Langkah pertama kamu perlu membuka tautan Google Find atau juga Google Device Manager. Kedua tautan tersebut bisa kamu buka melalui perangkat laptop, PC, tablet, ataupun ponsel android.

– Setelah tautan terbuka, cobalah untuk melakukan login ke dalam akun Gmail pribadi kamu.

– Selanjutnya kamu pilih accept atau terima sesuai dengan penggunaan bahasa yang dipergunakan di perangkat tersebut.

– Setelah itu kamu akan menemukan pilihan menu dengan beberapa fitur yang bisa kamu gunakan, seperti kunci perangkat, menderingkan ponsel, serta perintah untuk menghapus semua data yang kamu miliki.

– Apabila kamu tidak memilih opsi apapun, kamu akan langsung diarahkan kedalam maps, untuk melihat keberadaan ponsel kamu.

BACA: Cara Melindungi Privasi dan Sembunyikan Status Online WhatsApp

Trending:  Memunculkan 4G yang Hilang di Xiaomi Redmi 3 S/X/Pro/Note

– Cobalah untuk menekan icon GPS yang terletak di bagian pojok kanan pop-up. Namun jika ternyata GPS pada ponsel kamu tidak menyala (tidak aktif), tentunya kamu tidak akan mendapatkan lokasi terkini dari ponselmu.

– ketika cara diatas gagal, kamu masih dapat melakukan reset pada ponselmu dengan menekan tombol erase. Setelah langkah tersebut kamu lakukan, ponselmu akan kembali ke pengaturan pabrik, dan kamu bisa melakukan pengaturan GPS untuk kembali menyala.

– Setelah itu kamu bisa mengetahui lokasi terkini dari ponselmu.

  1. Menggunakan Aplikasi Find My Device
Trending:  Cara Instal Windows XP, 7, 8, dan 10 di Android Terbukti Berhasil!!

Langkah kedua yang bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang adalah dengan menginstal aplikasi tambahan Find My Device. Aplikasi ini tentunya dapat membantu menemukan ponsel kamu, dan caranya pun tidak berbeda jauh dengan langkah pertama.

BACA: Cara Ganti Tema WhatsApp di HP Android Jadi iPhone, Cantik Banget

– pertama kamu download aplikasi Find My Device pada Google Play Store.

– Setelah download selesai, bukalah aplikasi Find My Device dan lakukan login dengan menggunakan akun layanan Gmail kamu.

– Selanjutnya ponsel kamu yang hilang akan terdeteksi secara otomatis keberadaannya.

– Selain untuk melacak ponsel kamu yang hilang, aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mengunci ponsel, menghapus data, atau hal lainnya yang diperlukan apabila ponsel hilang.

BACA: Cara Mudah Lacak Lokasi Orang Lain via WhatsApp, Tanpa Aplikasi Tambahan

Trending:  Diam-diam Sony Akan Launching Xperia Baru pada 14 April 2021

Untuk mempertegas pembahasan terkait aplikasi Find My Device, berikut ini akan kami ulas beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk memberikan proteksi tambahan terhadap ponselmu.

Pada menu pertama, kamu dapat melihat informasi keberadaan ponselmu lengkap dengan kapasitas baterai serta waktu terakhir ponsel kamu dinyalakan.

BACA: Ternyata WhatsApp Web Bisa di Smartphone Android dan iPhone

Trending:  Cara Edit Pas Foto dan Mengganti Background nya di Android

Di menu kedua, kamu dapat menggunakan fitur Playsound guna memunculkan suara dering dalam volume maksimal. Menariknya lagi, fitur ini akan tetap bekerja sekalipun ponsel kamu dalam keadaan hening atau sillent.

Dalam menu ketiga kamu akan menemukan fitur Lock yang bisa kamu gunakan untuk mengunci ponselmu secara otomatis, sehingga orang lain tidak dapat melakukan akses apapun terhadap ponselmu.

Trending:  8 Instant Photo Printer Untuk Mencetak Foto Berkualitas Tinggi

Dan menu terakhir kamu akan menemukan fitur Erase. Sesuai namanya, fitur ini dapat memungkinkan kamu untuk menghapus semua data yang ada didalam ponsel kamu secara manual, seperti foto, video, ataupun aplikasi.

Demikian dua langkah yang bisa kamu gunakan ketika kehilangan ponsel untuk bisa segera menemukan lokasi dan tempat terakhir tersebut dinyalakan.

Trending:  Memindahkan Foto dari Kamera ke HP Android Lewat Wifi

BACA: Tips Transfer Data WhatsApp Ke Smartphone Baru, Bisa Untuk Android dan iPhone