cara membuat domain gratis 2021
cara membuat domain gratis 2021

Cara Daftar Domain Gratis di Freenom Lengkap

PORTABS.COM – Mendapatkan domain gratis pasti menyenangkan untuk Anda yang ingin membangun website, namun tidak memiliki budget yang cukup. Nah, salah satu provider domain tidak berbayar yaitu Freenom. Freenom juga sudah lama dikenal sebagai penyedia domain secara gratis yang memiliki kualitas cukup baik.

Tapi masalahnya adalah tidak banyak yang tahu tentang cara mendapatkan domain gratis di Freenom. Jika Anda juga ingin tahu caranya, simak ulasan tentang cara daftar domain gratis di Freenom berikut ini.

Mengenal Sekilas tentang Freenom

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang tutorial medapatkan Freenom domain gratis, sebaiknya mengenal sekilas tentang apa itu Freenom. Melalui aplikasi Freenom, Anda bisa mendapatkan beragam jenis ekstensi domain seperti .ml, .tk, .cf, .ga, dan .gq.

Freenom juga menggunakan nama domain .tk yang merupakan nama domain untuk pulau Tokelau. Tokelau adalah sebuah negara yang berada di pulau kecil dengan jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 1.500 jiwa.

Trending:  Agar diterima di Google Adsense

Nah, jika Anda ingin menggunakan domain gratis yang cukup terkenal, maka gunakan saja Freenom karena ekstensi nama domain .tk adalah ekstensi domain terbesar ke-5 di dunia.

Lantas, bagaimana cara untuk mendaptkan nama domain tersebut? Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengunjungi situs Freenom dan ikuti panduan yang tersedia di halaman web tersebut. Untuk lebih jelasnya, yuk simak langkah-langkah mendapatkan domain gratis di Freenom berikut ini.

Langkah-langkah Mendapatkan Domain Gratis di Freenom

Sebelum mengunjungi website resmi Freenom, Anda harus menginstal aplikasi VPN terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan VPN apapun yang tersedia di internet. Mengapa harus menggunakan VPN? Karena jika tidak, maka tidak akan bisa mengakses website Freenom.

Nah, setelah berhasil menginstall VPN, maka kunjungi website Freenom di https://freenom.com. Untuk mengunjungi website tersebut, Anda bisa mengaksesnya menggunakan broswer hp maupun pc. Nah, setelah berhasil mengunjungi website tersebut, selanjutnya ketik nama domain yang diinginkan.

Trending:  Cara mengganti template standar blog

Sebagai contoh, ketikkan nama domain beserta ekstensinya ‘namawebsite.gq’. Perlu diingat kembali bahwa Freenom hanya menyediakan lima ekstensi domain gratis yaitu .tk .ml .ga .gq .cf.

Pastikan Anda mengetik nama domain beserta ekstensinya, ya. Karena jika tidak, maka yang terjadi adalah semua domain yang gratis menjadi ‘Not available’.

Jika domain yang Anda inginkan sudah tersedia, maka langsung klik ‘Checkout’ untuk mendapatkan domain. Namun, jika ternyata domain yang gratis masih tidak tersedia, maka artinya domain tersebut sudah digunakan orang lain dan menjadi milik mereka.

Tahap selanjutnya adalah memilih pilihan periode masa aktif dari domain yang sudah Anda pilih. Pilihan yang tersedia yaitu dari 1 hingga 12 bulan untuk domain gratis. Jika Anda ingin daftar domain gratis selamanya, maka Anda harus membayar sejumlah uang.

Trending:  Tujuh Layanan VPS Linux Murah Terbaik Terbaru 2021

Langkah selanjutnya yaitu masukkan alamat email dan klik ‘Verify My Email Address’. Tunggu beberapa saat dan cek email Anda untuk melihat apakah ada pesan masuk dari Freenom atau tidak. Jika ada, bukalah pesan tersebut dan link yang tertera di pesan tersebut.

Link tersebut berisi form yang harus Anda isi dengan data identitas. Namun, Anda tidak harus menggunakan data identitas pribadi melainkan bisa membuat identitas fake di fakeaddressgenerator.com

Setelah Anda mendapatkan identitas tiruan, memasukkan semua data-data tersebut ke Freenom. Anda juga bisa mengganti data yang tersedia di website fakeaddressgenerator dengan cara klik ‘Random Access’. Pastikan Anda mengisi semua data secara lengkap dan benar dan klik ‘Complete Order’.

Trending:  Cara Mengganti Domain Blog Secara Gratis

Anda akan mendapatkan halaman pemberitahuan bahwa domain yang sudah dipilih berhasil didaftarkan. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap memakai vpn ketika melakukan pendaftaran domain gratis. Hal ini karena jika Anda mematikan vpn, maka proses pendaftaran akan gagal dan harus mengulang lagi dari awal.

Bagi Anda yang ingin mengecek atau menyetting domain, klik menu ‘My Domains’ lalu klik ‘Manage Domain’. Anda bisa menggunakan domain ini sesuai dengan keinginan, namun jangan menyelahgunakan domain ini untuk hal-hal yang merugikan orang lain.

Daftar Domain Gratis Lainnya

Selain Freenom, masih ada beberapa domain yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Biz.nf

Jika Anda sedang mencari domain gratis yang ampuh, maka sebaiknya coba layanan dari Biz.nf. Biz.nf adalah penyedia domain gratis yang sudah berdiri  sejak tahun 2008.

Trending:  Rekomendasi Hosting Dedicated Server Indonesia Terbaik 2021

Biz.nf merupakan salah satu penyedia hosting dan domain  yang gratis dengan menggunakan ekstensi nama domain .co.nf. Selain itu, layanan hosting yang ditawarkan juga ramah dan mudah digunakan sehingga cocok untuk pemula.

  1. Dot.tk

Daftar domain tidak berbayar lainnya yaitu Dot.tk. Dot.tk adalah salah satu perusahaan yang berpusat di pulau Tokelau. Perusahaan ini sudah menyediakan domain secara gratis sejak tahun 2001.

Dengan menggunakan domain dari Dot.tk, Anda bisa mendapatkan salah satu ekstensi domain terbaik yaitu . tk.  Jika Anda menggunakan domain ini, maka nama ekstensi domain website akan menjadi ‘www.namawebsite.tk’.

Karena tidak berbayar, kekurangan dari domain ini adalah server yang kinerjanya cukup lambat. Namun,  untuk website atau blog pribadi server ini masih terbilang cukup bagus.

  1. Biz.ly

Daftar domain yang gratis lainnya yaitu Biz.ly. Penyedia domain cuma-cuma ini dapat dijadikan alternatif ketika Anda sedang membutuhkan domain jitu untuk webiste. Biz.ly menyediakan domain gratis dengan nama .biz.ly yang berarti bisnis.

Trending:  7 Saran Wordpress Hosting Indonesia Terbaik Versi Portabs

Jika Anda menggunakan nama domain tersebut, maka nama website akan menjadi ‘www.namawebsite.biz.ly’. Penyedia domain ini sudah memberikan domain secara gratis sejak tahun 2012.

Untuk pemula tidak perlu khawatir karena domain ini terbilang cukup sederhana, sehingga mudah untuk digunakan.

  1. TMD Hosting

TMD Hosting adalah salah satu perusahaan penyedia domain secara gratis veteran. Meski tidak berbayar alias gratis, TMD Hosting tetap unggul dalam hal keandalan, kecepatan, dan yang keamanan.

Tidak hanya itu, TMD Hosting juga memiliki sejumlah paket hosting yang bisa Anda  gunakan untuk membangun website. Menggunakan paket hosting tersebut memiliki kelebihan yaitu keamanan yang lebih terjamin.

Untuk harganya, paket bersama di TMD Hosting dibanderol seharga  mulai dari Rp42,071/bulan. Harga ini tentu sangat terjangkau jika ingin menambahkan tingkat keamanan dari domain website Anda.

  1. Wix
Trending:  Cara mengetahui jumlah pengunjung yang sedang melihat blog kita

Daftar domain gratis yang terakhir, yaitu Wix. Wix juga bisa menjadi opsi yang baik untuk mendapatkan domain secara cuma-cuma. Dengan paket gratis yang lengkap dengan subdomain untuk mengakses  ke situs web, saat ini Wix disebut sebagai raja pembuat situs.

Selain itu, Wix juga dikenal karena kualitasnya yang bagus. Domain dari Wix dapat meningkatkan kredibilitas situs dan membuat tampilan halaman web terlihat lebih profesional secara instan.

Kelebihan-kelebihan tersebut sangat bermanfaat bagi pemula yang ingin membangun website dengan kualitas bagus dan profesional tanpa biaya yang besar.

Nah, sekian dulu penjelasan tentang cara daftar domain gratis menggunaan Freenom. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.