Cara Melaporkan Akun WhatsApp yang Kena Hack

Cara Melaporkan Akun WhatsApp yang di Hack
Foto: Tribunnews

Beberapa waktu belakangan WhatsApp sering menjadi target kejahatan dari para hacker Untuk memanfaatkan akun pengguna demi mencari untung pribadi. Meskipun WhatsApp telah menyediakan fitur two-step verification atau verifikasi dua langkah untuk pencegahan, namun apabila akun kita terlanjur di atas maka Apa langkah dan bagaimana Cara Melaporkan Akun WhatsApp yang Kena Hack? Simak terus artikel ini sampai selesai.

Baca Juga:  Membobol Password Wifi | Wifi Key Finder v1.1.0 Final (Portable)

Pertama pengguna harus segera melaporkan pernyataan tersebut pada tim WhatsApp untuk segera memulihkan akun. Laporan tersebut bisa diajukan melalui e-mail ke alamat support@whatsapp.com.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh WhatsApp APAC Communications Director, Sravanthi Dev dalam sebuah acara temu media tentang keamanan WhatsApp yang dilangsungkan melalui Zoom beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, pengguna harus menjelaskan detail kronologi kejadian, termasuk kapan dan kemungkinan bagaimana akun diretas.

Baca Juga:  Ternyata WhatsApp Web Bisa di Smartphone Android dan iPhone

“Misalnya Anda sebelumnya memberikan kode OTP (one time password) ke seseorang sebelum terjadi peretasan,” jelas Sravanthi dalam sebuah acara temu media yang digelar online, sebagaimana dikutip dari Kompas tekno (16/4/2021).

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Fitur “Mute” Selamanya Grup WhatsApp

Kode OTP terdiri dari enam digit dan dikirimkan ke nomor pengguna melalui SMS untuk melakukan verifikasi akun.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Isi Pesan WhatsApp Orang Lain (Pacar atau Teman)

Dia menjelaskan, tim backend WhatsApp merupakan tim yang cekatan, semakin cepat pengguna melapor, proses pemulihan kemungkinan bisa cepat dilakukan.

Selanjutnya investigasi dan pengamatan terhadap pola perilaku pemilik akun akan segera diinvestigasi oleh tim WhatsApp.

“Misalnya akun yang diretas log-in ke perangkat baru yang sebelumnya tidak pernah log-in menggunakan akun tersebut, hal ini bisa diidentifikasi,” urai Sravanthi.

Baca Juga:  Cara Melacak Lokasi Pengguna Whatsaap dengan Akurat

Kendati demikian, Sravanthi mengatakan, tim backend WhatsApp tidak bisa melihat pesan apa saja yang sudah dikirim pelaku. Hal ini dikarenakan WhatsApp mengadopsi sistem end-to-end encryption.

Baca Juga: Cara Bisukan Postingan dan IG (Instagram) Story Orang Lain

Sistem itu diklaim tidak bisa diintip siapa pun, bahkan tim WhatsApp itu sendiri. Peretas juga tidak akan bisa melihat isi pesan yang ada sebelumnya.

Baca Juga:  Cara Blokir dan Unblokir Kontak WhatsApp di Android Terbaru

“Kabar baiknya, pesan yang anda kirim sebelumnya aman. Sebab, pelaku tidak memiliki akses ke ponsel anda,” tegas Sravanthi.

Di samping langkah tersebut di atas, pengguna WhatsApp bisa juga melakukan pemulihan akun dengan cara menginstal ulang aplikasi WhatsApp secepatnya.

Setelah itu login dengan nomor whatsApp yang telah diretas dan kemudian masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomer ponsel tersebut untuk segera diverifikasi.

Baca Juga:  Eits, WhatsApp Sedang Uji Fitur Transfer Chat dari iOS ke Android, Berhasil?

Akan tetapi ketika langkah tersebut gagal maka otomatis pengguna harus segera melaporkan pesan tersebut pada tim WhatsApp sebagaimana disebutkan sebelumnya.

BACA JUGA: Cara Mudah Download Foto dan Video Instagram

Demikian Cara Melaporkan Akun WhatsApp yang Di Hack yang bisa kami share semoga bermanfaat.