Cara Mengajukan KUR di Bank Syariah Indonesia (BSI) 2023 akan dibahas pada artikel ini dengan lengkap dan gamblang. KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah program kredit yang ditujukan untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Program ini diselenggarakan oleh pemerintah melalui bank-bank yang bekerja sama dengan pemerintah, seperti Bank Syariah Indonesia (BSI), untuk memberikan akses pembiayaan bagi UMKM yang membutuhkan.

KUR bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM, serta membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia dengan mendorong pertumbuhan usaha kecil. Program ini memberikan kemudahan akses pembiayaan bagi pelaku usaha UMKM dengan bunga dan jaminan yang relatif terjangkau.

KUR memiliki berbagai jenis, mulai dari KUR mikro, KUR ritel, KUR multiguna, hingga KUR produktif. Setiap jenis KUR memiliki cakupan dan persyaratan yang berbeda-beda, namun tujuannya tetap sama, yaitu memberikan pembiayaan bagi UMKM untuk meningkatkan kinerja usaha dan memperluas jangkauan pasar.

KUR telah menjadi salah satu program yang sukses dalam membantu pengembangan UMKM di Indonesia, sehingga semakin banyak bank-bank dan lembaga keuangan yang bergabung dengan program ini untuk memberikan dukungan pembiayaan bagi UMKM di Indonesia.

Syarat Mengajukan KUR BSI

Berikut adalah persyaratan umum yang dibutuhkan untuk mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat) di Bank Syariah Indonesia (BSI):

  1. Pelaku usaha atau calon pelaku usaha warga negara Indonesia.
  2. Usaha yang akan didanai adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sah dan legal.
  3. Usaha yang akan didanai tidak bertentangan dengan hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia.
  4. Memiliki penghasilan dan omzet usaha yang stabil.
  5. Memiliki jaminan atau agunan yang dapat diterima oleh BSI, seperti tanah, bangunan, kendaraan, atau aset lainnya.
  6. Memiliki rekening BSI yang aktif.
Trending:  Cara Mempelajari dan Memahami Investasi Saham

Selain persyaratan di atas, Anda juga harus menyiapkan dokumen-dokumen sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP atau kartu identitas lain yang sah (Surat Nikah).
  2. NPWP atau surat keterangan penghasilan (jika ada).
  3. Bukti kepemilikan usaha, seperti surat izin usaha, akta pendirian, atau surat keterangan usaha.
  4. Laporan keuangan usaha, seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.
  5. Dokumen jaminan atau agunan, seperti sertifikat tanah, BPKB kendaraan, atau dokumen aset lainnya.

Pastikan Anda mempersiapkan semua dokumen dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk mempercepat proses pengajuan KUR UMKM di BSI.

Produk KUR (Kredit Usaha Rakyat) BSI

Plafon KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang disediakan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) bervariasi tergantung pada jenis kredit yang diambil dan kondisi keuangan calon debitur. Berikut adalah plafon KUR yang disediakan oleh BSI:

KUR Kecil (di atas Rp. 100 Juta – Rp. 500 Juta)

Pembiayaan Modal kerja dan/atau investasi dengan plafond di atas Rp 100 Juta sampai dengan Rp 500 Juta

Trending:  Rekomendasi Aplikasi Saham Online Terpercaya Investasi Aman

KUR Mikro (di atas Rp. 10 Juta – Rp. 100 Juta)

Pembiayaan Modal kerja dan/atau investasi dengan plafond di atas Rp 10 Juta sampai dengan Rp 100 Juta

KUR Super Mikro plafond sd Rp. 10 Juta

Pembiayaan Modal kerja dan/atau investasi dengan plafond sampai dengan Rp 10 Juta

BSI Usaha Mikro (diatas Rp 50 Juta – Rp 75 Juta)

Pembiayaan yang diperuntukan untuk UMKM dalam memenuhi kebutuhan Modal Kerja, Investasi dan Konsumtif dengan plafond diatas Rp 50 juta sd. Rp 75 Juta dan margin kompetitif

BSI Usaha Mikro (diatas Rp 75 Juta – Rp 200 Juta)

Pembiayaan yang diperuntukan bagi pelaku UMKM dalam memenuhi kebutuhan Modal Kerja, Investasi dan Konsuntif dengan maksimal plafond Rp 200 Juta dan margin yang sangat kompetitif

BSI Usaha Mikro (Rp 2,5 Juta – Rp 50 Juta)

Pembiayaan yang diperuntukan untuk UMKM dalam memenuhi kebutuhan Modal Kerja, Investasi dan Konsumtif dengan plafond mulai dari Rp 2,5 juta sd. Rp 50 Juta dan margin kompetitif

Perlu diingat bahwa plafon kredit yang disetujui oleh BSI tidak selalu mencapai jumlah maksimal yang disebutkan di atas, dan dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kapasitas pembayaran calon debitur.

Cara Mengajukan KUR BSI Online

Berikut adalah langkah-langkah cara mengajukan KUR (Kredit Usaha Rakyat) di Bank Syariah Indonesia (BSI) secara online:

  1. Kunjungi situs web resmi BSI di https://salamdigital.bankbsi.co.id dan pilih menu “KUR”.
  2. Pilih jenis KUR yang ingin Anda ajukan, lalu klik “Ajukan KUR”.
  3. Isi formulir pengajuan KUR secara online dengan informasi yang dibutuhkan, seperti identitas usaha, informasi keuangan, dan informasi pemilik usaha.
  4. Verifikasi informasi yang telah Anda isi dan unggah, lalu klik “Kirim”.
  5. Tunggu proses verifikasi dari BSI. Anda akan menerima pemberitahuan melalui email atau SMS jika pengajuan Anda diterima atau ditolak.
  6. Jika pengajuan Anda disetujui, datanglah ke cabang BSI terdekat untuk menandatangani perjanjian kredit dan menyelesaikan proses administrasi lainnya.
Trending:  Aplikasi Investasi Saham Terpercaya dan Terdaftar OJK

Pastikan untuk mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap dan benar untuk mempercepat proses persetujuan kredit. Jangan ragu untuk menghubungi BSI jika Anda memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan selama proses pengajuan.

KUR BSI 2023 Kapan Dibuka

Untuk layanan KUR BSI telah dibuka sejak Februari 2023 kemarin

Berapa Lama Proses Pengajuan KUR BSI

Adapun lama proses pencairan KUR BSI 2023 dari pengajuan biasanya mencapai 3 hari hingga 14 hari kerja, tergantung keberesan kelengkapan syarat pengajuan serta jumlah plafon

Sebelum mengajukan KUR di BSI, pastikan untuk mengevaluasi kebutuhan finansial usaha dan mempersiapkan proposal usaha yang jelas dan detail. Hal ini akan membantu BSI menentukan plafon kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan usaha Anda.

Iklan