Cek Bantuan PPKM Darurat, BLT, BST Hingga Diskon Listrik PLN, Ini Cara Mendapatkannya

bantuan ppkm darurat
Foto Ilustrasi (Antara/inews)

Jakarta – Pemerintah menambah daftar bantuan pemerintah untuk masyarakat yang terdampak karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Dengan ditambahnya bansos tersebut, maka dibutuhkan tambahan anggaran mencapai Rp 39,19 triliun. Dengan begitu, anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) naik menjadi Rp 744,75 triliun dari Rp 699,43 triliun.

Berikut daftar bantuan pemerintah yang ditambah selama PPKM Darurat:

Kartu Sembako

Pemerintah akan memperpanjang bantuan program Kartu Sembako selama 2 bulan, yakni bulan Juli-Agustus 2021. Artinya, penerima program Kartu Sembako akan menerima dana tambahan untuk periode 14 bulan tahun 2021 dengan besaran manfaat Rp 200.000 per bulan.

Baca Juga:  Cukup Modal KTP, Bulan Juli 2021 Pemerintah Berikan Bantuan Rp 2,4 Juta

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah menyiapkan alokasi tambahan Rp 7,52 triliun. Nantinya, bantuan menyasar 18,8 juta keluarga atau sekitar 75,2 juta orang.

Cek Kartu Sembako KLIK DI SINI

Beras Bulog 10 Kilogram/Keluarga

Pemerintah juga akan mengirim bantuan beras Bulog sebanyak 10 kg/keluarga kepada pemegang Kartu Sembako dan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

Untuk pengadaan beras sekitar 250.000 ton, pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp 3,58 triliun yang akan menyasar pada 28,8 juta keluarga.

Baca Juga:  Tercantum Sebagai Penerima di eform.bri.co.id/bpum, Begini Cara Mencairkannya!

Cara Daftar Bantuan Sosial KLIK DI SINI

Tambahan Penerima BST Usulan Pemda

Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) akan ditambah sebanyak 5,9 juta KPM sebagai tindak lanjut dari usulan Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Web Hosting Gratis Untuk Pemula

Program ini akan menyasar pada warga yang belum terdaftar sebagai penerima bantuan Kartu Sembako dan di luar KPM BST yang sudah dapat sebelumnya.

Bantuan diberikan untuk periode 6 bulan, masing-masing Rp 200.000/KPM/bulan. Total dana yang disiapkan mencapai Rp 7,08 triliun.

Baca Juga:  Bantuan Anak Sekolah Rp4,4 Juta Cair Lagi Juli s.d September, Ini Rinciannya

Cara Daftar Bantuan Sosial BST KLIK DI SINI

Diskon Tarif Listrik

Pemerintah juga bakal memperpanjang diskon listrik hingga bulan Desember 2021. Semula, diskon listrik ini bakal berakhir pada bulan September 2021.

Stimulus yang diberikan sampai akhir tahun ini meliputi diskon tarif listrik, dan pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abonemen.

Cek Juga: Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat HP Trusted

Untuk program ini pemerintah menyiapkan tambahan anggaran sebesar Rp 1,91 triliun. Dengan demikian, anggaran diskon listrik naik dari Rp 7,58 triliun menjadi Rp 9,49 triliun.

Baca Juga:  Tak Cair, Bansos Tunai Rp300.000 Tak Diperpanjang, Ini Penyebabnya!

Cara Daftar Diskon Tarif Listrik KLIK DI SINI atau KLIK DI SINI 

Tambahan Dana Kartu Prakerja

Tak hanya itu, pemerintah menambah daftar bantuan pemerintah dalam bentuk dana program Kartu Prakerja sebesar Rp 10 triliun, sehingga totalnya menjadi Rp 30 triliun.

Cek Juga Cara Menjadi Kaya dari Blogger: Tutorial Lengkap! Cara Hosting Web Buatan Sendiri Dijamin Sukses

Dengan tambahan Rp 10 triliun, akan ada 2,8 juta penerima Kartu Prakerja baru sehingga totalnya menjadi 8,4 juta peserta. Nantinya, program ini akan disinergikan dengan rencana bantuan upah.

Baca Juga:  Cek, Daftar Bantuan Pemerintah Cair di April 2021, Kamu Dapat yang Mana?

Cara Datar Kartu Prakerja Terbaru 2021 KLIK DI SINI

BST

Pemerintah juga meneruskan program Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk 10 juta KPM atau sekitar 40 juta orang. Alokasi awal anggaran yang disiapkan adalah Rp 17,46 triliun.

Besaran manfaat yang diterima Rp 300.000 per bulan untuk periode 6 bulan. Nantinya bantuan untuk bulan Mei-Juni akan dibayarkan pada bulan Juli 2021.

Baca Juga:  Bantuan Anak Sekolah Rp 3 juta Siap Masuk Ke ATM Anda, Siapkan KTP dan KK Anda ya!

Cara Dapatkan Bantuan Sosial BST KLIK DI SINI

Kuota Internet

Pemerintah pun memperpanjang subsidi kuota internet hingga Desember 2021. Tadinya, subsidi ini berakhir pada bulan Mei.

Subsidi bakal menyasar kepada 38,1 juta siswa dan tenaga pendidik seperti guru/dosen. Pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp 5,54 triliun sehingga totalnya menjadi Rp 8,53 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan daftar bantuan pemerintah ditambah sebagai tindak lanjut penerapan PPKM Darurat.

Cek Juga: Sembilan Layanan Web Hosting Gratis Untuk Website Anda

Baca Juga:  Hore, Bansos Tunai Rp600 Ribu Tinggal Tunggu Waktu

“Pemerintah akan memberikan bantuan sosial tambahan sebesar 39,19 triliun untuk masyarakat yang akan dikucurkan segera oleh Menteri Keuangan dan Menteri Sosial,” kata Luhut dalam konferensi pers PPKM Darurat, Sabtu (17/7/2021).

Sumber: kompas.com

Yang sedang dicari:
    Download Google Meet Untuk Laptop Gratis ,Cara Download Aplikasi Google Meet Di Laptop ,Download Aplikasi Google Meet Untuk Laptop Gratis ,Download Google Meet Untuk Pc ,Download Aplikasi Google Meet Di Laptop ,Download Aplikasi Google Meet For Pc ,Aplikasi Google Meet Untuk Laptop