Harga dan Spesifikasi Oppo A54, Seri Oppo A Terbaru 2021

oppo a54 spesifikasi

Memilih ponsel harga terjangkau dengan spesifikasi tinggi saat ini bukan perkara sulit. Sudah banyak perusahaan-perusahaan smartphone yang mengeluarkan produk terbarunya di awal tahun 2021. Salah satunya Oppo. Oppo meluncurkan seri Oppo A54 pada bulan Maret lalu di pasar Indonesia dan luar negeri. Oppo A54 merupakan lanjutan dari Oppo A53 yang merupakan edisi sebelumnya. Dengan kehadiran seri smartphone Oppo ini, pasar ponsel di Indonesia untuk kalangan menengah semakin banyak pilihan.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54

Oppo A54 diproduksi menggantikan Oppo A31. Spesifikasinya hampir sama dengan Oppo A31 dengan beberapa peningkatan yang cukup signifikan menyesuaikan dengan tren pasar smartphone mid-class saat ini. Sebagai contoh peningkatan pada kapasitas memori. Ponsel pintar ini hadir dengan RAM 4 GB. Sedangkan kapasitas penyimpanan Oppo A54 RAM 4 GB  ialah sebesar 128 GB. Cocok buat kamu yang mendambakan ponsel dengan kapasitas penyimpanan tinggi tapi harga cukup terjangkau. Kalau belum cukup, ruang penyimpanan support micro-SD dengan kapasitas hingga 256 GB. Pas sekali untuk menyimpan berkas maupun file foto resolusi tinggi. Kita ketahui bersama bahwa hasil foto Oppo A54 ini cukup tinggi resolusinya mengingat kualitas kemeranya juga tak kalah keren. Sehingga untuk menyimpan foto, membutuhkan ruang yang cukup luas.

Bagaimana dengan fitur kamera Oppo A54? Ponsel berukuran layar 6.53 inci ini menawarkan kamera utama 13 MP 2 MP kamera makro dan 2 MP kamera bokeh. Dimana fitur-fitur penunjang kamera utama meliputi AI Scene Recognition. Fungsi AI Scene Recognition ini untuk menyesuaikan kondisi pemotretan dengan lingkungan aslinya. Terdapat pula fitur Ultra Night Mode untuk pemotretan di lingkungan gelap atau malam hari, serta Dazzle Color Mode yang berfungsi mencerahkan hasil foto. Di bagian depan ponsel terdapat 1 kamera selfie 16 MP. Fitur AI Beauty ini sangat cocok untuk kamu yang suka selfie. Fitur AI Beauty ini secara otomatis menyesuaikan warna kulit dengan lingkungan sekitar sehingga menciptakan efek yang lebih alami.

Baca Juga:  Cara Upgrade OS Android

BACA: Diam-diam Xiaomi Juga Luncurkan Mi 11i, Ini Harga dan Spesifikasinya

Sebagaimana ponsel keluaran 2021, sistem operasi ponsel dengan resolusi layar 1.600 x 700 piksel ini sudah menggunakan OS Android 10. Didukung tampilan antar muka ColorOS 7.2. Untuk menemani aktivitasmu sepanjang hari, ponsel ini sudah dilengkapi dengan baterai Li-Po non-removable 5000 mAh. Daya baterai ini memungkinkan pengguna nonton film online selama kurang lebih 19 jam non-stop.

Fitur 18W Fast Charging menjadikan ponsel Oppo A54 cepat terisi daya tetapi bisa bertahan seharian. Sedangkan Optimized Overnight Charging membantu pengisian daya secara aman bila kita hendak mengisi daya saat tidur. Dengan fitur ini, ponsel otomatis berhenti mengisi daya bila baterai sudah terisi 100 %. Sehingga menghindari pengisian daya secara berlebihan.

Fitur Super Power Saving Mode bahkan memungkinkan ponsel masih bisa digunakan dengan baik untuk chatting dan menelpon meskipun daya baterai tinggal 5 %. Jadi bila kamu sedang dalam perjalanan dan daya baterai sudah lemah, masih memungkinkan untuk pesan ojek online, atau menelepon jemputan tanpa perlu khawatir daya ponsel habis seketika. Ya… asal jangan digunakan untuk streaming saja kalau baterai sudah lemah.

Lalu bagaimana dengan kekurangannya? Menurut beberapa review smartphone, chipset Mediatek Helio P35 milik Oppo A54 ini masih kalah dengan chipset Snapdragon 665. Sebab banyak ponsel yang harganya sekelas dengan Oppo A Series ini sudah menggunakan Snapdragon 665. Snapdragon 665 dinilai lebih cepat karena keberadaan Kryo 260 Gold yang menggunakan Cortex-A73. Sedangkan pada Mediatek Helio menggunakan Cortex-A53.

BACA: Diam-diam Sony Akan Launching Xperia Baru pada 14 April 2021

Kekurangan Oppo A54 juga terletak pada kamera utama yang beresolusi cukup rendah bila dibandingkan kamera ponsel dengan kelas yang sama. Bahkan di sini terkesan, kamera selfienya memiliki resolusi lebih baik dibandingkan kamera utama. Hal ini tentu saja sedikit membuat pengguna kurang greget utamanya bagi mereka yang menyukai dunia fotografi ponsel. Lalu Bagaimana perbandingannya dengan Oppo A53 yang merupakan seri sebelumnya?

Baca Juga:  Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Smartphone 2019

Perbadingan Oppo A54 VS Oppo A53

Dari sisi layar, Oppo A53 bisa dianggap sedikit lebih baik daripada Oppo A54. Keduanya sama-sama menawarkan layar IPS LCD berukuran 6.51 inci dengan resolusi 1.600 x 720 piksel. Perbedaannya terletak pada refresh rate, dimana Oppo A53 sebesar 90 Hz, sedangkan Oppo A54 sebesar 60 Hz. Namun demikian, layar Oppo A54 sudah dibekali dengan teknologi tampilan Sunlight Screen, Moonlight Screen, AI Smart Backlight yang tidak ada di Oppo A53.

BACA: Internet Jadi Ngebut, Inilah 13 Lokasi Prioritas Dapat Jaringan 5G Pertama di Indonesia

Pada kapasitas penyimpanan, Oppo A53 memiliki RAM 4 GB dengan memori 64 GB. Sedangkan A54 menawarkan RAM 4 GB dengan kapasitas penyimpanan 128 GB. Di bagian dapur pacu, Oppo seri A53 menggunakan Snapdragon 460 (1,8 GHz) sedangkan Oppo A series terbaru menggunakan Mediatek Helio P35 (2,3 GHz). Dari sisi performa mesin dan ruang penyimpanan ini sudah pasti jauh lebih baik Oppo A54.

Selain itu, Oppo A54 sudah dilengkapi dengan fitur IPX4 yang membuat ponsel memiliki ketahanan terhadap cipratan air. Juga sudah terdapat fitur pemindai sidik jari. Pada Oppo A53 pemindai sidik jari bisa kamu temukan di bagian punggung ponsel. Lantas bagaimana dengan perbedaan harganya? Harganya hanya selisih kurang lebih 200 ribu. Oppo A54 juga lebih baru dibandingkan dengan Oppo A53. Penjualan Oppo A54 harga resmi baru dibuka pada awal April 2021. Sedangkan Oppo A53 sudah dirilis dan dipasarkan Agustus tahun 2020 lalu. Untuk lebih jelas bagaimana kualitas Oppo A54, berikut ini spesifikasi Oppo A54 selengkapnya:

Baca Juga:  OPPO A54 Rilis, Ini Harga dan Spesifikasi Jagoan Baru Milenial Indonesia

BACA: Wajib Paham, Ini Makna Berbagai Istilah Spesifikasi Smartphone

Layar                           : IPS LCD, 6,51 inci, resolusi 1.600 x 720 piksel, rasio layar 20:9, 60 Hz, 269 ppi

Teknologi Layar         : Sunlight Screen, Moonlight Screen, AI Smart Backlight

Dimensi dan bobot     : 163,6 mm x 75,7 mm x 8,4 mm 192 gram

Chpiset                       : Mediatek MT6765V/CB Helio P35 (12nm) CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)

GPU                           : PowerVR GE8320

BACA: Tak Semahal Dulu, HP Kamera 108 MP Tak Lagi Bikin Kantong Bolong

Memori RAM            : 4 GB

Memori internal          : 128 GB, slot microSD up to 256 GB

Kamera utama            : 13 MP (kamera utama) 2 MP (kamera makro) 2 MP (kamera bokeh)

Fitur kamera               : AI Scene Recognition, Ultra Night Mode, Dazzle Color Mode, LED flash, HDR, dan panorama

Video kamera utama  : 1080p@30fps

BACA: Laris Manis, Trio Samsung Galaxy S21 Terjual 1 Juta Unit Hanya Dalam Waktu 2 Bulan

Kamera Depan            : 16 MP dengan fitur AI Beauty 2.0 (kamera selfie) dan HDR

Video kamera depan  : 1080p@30fps

Baterai                        : Li-Po Non-removable 5.000 mAh

Fitur charging             : fast charging 18 watt SIM dan super power saving mode

Konektor                     : Dual-SIM (nano) support dual 4G, Wifi, Hotspot, GPS, Bluetooth

Fitur tambahan           : USB tipe-C, audio jack 3,5 mm, Face Unlock Fitur pendukung Android 10, ColorOS 7.2, tingkat ketahanan terhadap cipratan IPX4, accelerometer, proximity, compass, FM radio

Fingerprint                  : Biometrik Side Fingerprint (di bagian kanan ponsel),

Warna                         : Starry Blue, Crystal Black

Harga Oppo A54      : Rp 2.699.000

Baca: OPPO A54 Rilis, Ini Harga dan Spesifikasi Jagoan Baru Milenial Indonesia

Related posts