jaringan 5g indonesia
Jaringan 5G/Good News From Indonesia

Internet Jadi Ngebut, Inilah 13 Lokasi Prioritas Dapat Jaringan 5G Pertama di Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memastikan 13 wilayah Indonesia yang akan diprioritaskan untuk mendapatkan jaringan 5G.

Hal itu sebagaimana termaktub dalam Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Peraturan tersebut juga menyebutkan terkait upaya peningkatan cakupan layanan 4G ke seluruh desa melalui implementasi jaringan generasi ke-5 di Indonesia.

Trending:  Cara Menghemat Kuota di Android Terbukti!

Rencana implementasi 5G tersebut menurut Kominfo, harus didukung dengan infrastruktur yang memadai. Setelah infrastruktur tersedia, Kominfo akan fokus menggelar 5G di 13 kota dengan rincian sebagai berikut:

BACA: Xiomi Jual HP dengan Harga Murah dan Kualitas Berkelas, Ini Rahasianya!

– Ibu Kota Negara (IKN)

– 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa

Trending:  Cara Bermain Game PS4 dari Smartphone di NVIDIA Games

– 6 Destinasi Wisata Super Prioritas

– 1 wilayah industri manufaktur

BACA: Gegara Rilis iPhone 12 Tanpa Charger, Apple Kena Denda Rp 27 Miliar!

Menurut Kominfo, pemilihan lokasi tersebut sebagai pilot project karena dianggap layak, baik dari potensi pasar maupun dukungan infrastruktur.

“Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi lain,” tulis Kominfo, sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id (4/4/21).

Trending:  Cara Mematikan Getar Keyboard Saat Mengetik di Android (Semua Merk Smartphone)

Proses implementasi 5G ini ditargetkan rampung pada 2024 mendatang. Kominfo juga menargetkan wilayah Ibu Kota Negara sudah 100 persen tercakup jaringan 4G hingga 100 persen pada tahun yang sama.

BACA: 5 Trik Jitu Memperpanjang Usia Baterai Smartphone

Kominfo juga akan membahas perencanaan implementasi 5G tersebut bersama dengan pemangku kepentingan lainnya agar ada kepastian hukum pada masing-masing sektor yang terlibat.

Trending:  Bangun Kawasan Teknologi 'Bukit Algoritma', Indonesia Bakal Punya 'Silicon Valley' Senila Rp 18 Triliun

Selain itu, proses ini juga dilakukan untuk meminimalisasi adanya potensi perselisihan antar sektor.

“Kebijakan yang perlu dilakukan Kominfo adalah menyediakan infrastruktur jaringan broadband yang memadai, yang dapat mendukung implementasi teknologi 5G untuk seluruh wilayah Ibu Kota Negara,” tulis Kominfo.

Akan tetapi, peraturan tersebut belum menjelaskan secara rinci terkait frekuensi sebagai penyedia layanan untuk jaringan 5G tersebut.

Trending:  Cara Mematikan Suara Kamera Yang Mengganggu

BACA: Diam-diam Sony Akan Launching Xperia Baru pada 14 April 2021