Cara Cek Akun Instagram Anda, Diblokir atau Tidak?!

akun instagram
Gambar: Kompas

Di zaman yang serba modern seperti saat ini, ikatan persahabatan dalam dunia sosial menjadi bagian penting selayaknya kehidupan di dunia nyata. Tak heran apabila banyak yang kelimpungan ketika akun Instagram Mereka ternyata diblokir oleh orang tak dikenal.

Salah satu indikasi akun Instagram Tengah terblokir adalah tidak munculnya notifikasi dari Akun tersebut. Untuk itu, kita harus memiliki pengetahuan untuk melihat status akun Instagram kita masih aktif ataukah diblokir oleh pengguna lain.

Dikutip dari Reader’s Digest, Sabtu (3/4/2021), terdapat minimal 6 cara untuk mengetahui status akun Instagram kita. Yuk simak penjelasan berikut ini:

  1. Cari profil yang diduga memblokir Anda

Langkah pertama untuk mengetahui apakah seseorang telah memblokir akun Anda adalah dengan cara melakukan pencarian terhadap profil orang yang dimaksud.

Caranya sederhana, Anda tinggal pergi ke menu “search”, lalu tuliskan username akun yang dimaksud. Ketika profil orang tersebut muncul, ada beberapa skenario yang kemungkinan dapat terjadi.

Pertama, jika profil orang yang diduga memblokir Anda bersifat publik dan Anda masih dapat melihat unggahannya, itu artinya Anda tidak diblokir.

Sebaliknya, jika profil orang yang diduga memblokir Anda bersifat publik tapi Anda tidak bisa melihat unggahan, follower dan following milik akun tersebut, itu artinya akun Instagram Anda di-block oleh orang tersebut.

Baca Juga:  Cara Ganti Tema WhatsApp di HP Android Jadi iPhone, Cantik Banget

Kedua, untuk akun pribadi alias private, jika Anda masih bisa melihat foto profil, jumlah unggahan, jumlah follower dan following, serta masih ada keterangan “Akun ini Pribadi”, ini artinya akun milik Anda tidak diblokir oleh orang tersebut.

Anda bisa mengirimkan permintaan berteman jika ingin melihat unggahan orang tersebut.

Namun, ketika username orang tersebut tidak muncul sama sekali saat dicari, ini artinya akun Instagram Anda di-block. Hal ini dengan catatan bahwa akun orang yang diduga memblokir Anda tidak dinonaktifkan atau dihapus.

  1. Periksa profil Anda

Meskipun seseorang memblokir Anda, Instagram tidak akan menghapus komentar atau tag lama dari profil Anda sendiri.

BACA: Internet Jadi Ngebut, Inilah 13 Lokasi Prioritas Dapat Jaringan 5G Pertama di Indonesia

Anda bisa membuka tag atau komentar yang berkaitan dengan akun orang yang Anda duga memblokir Anda.

Jika username orang tersebut masih muncul di komentar atau tag, Anda hanya perlu mengklik username-nya.

Jika saat diklik profil tersebut menunjukkan jumlah unggahan, follower, dan following, namun Anda tidak bisa melihat unggahannya, ini artinya akun Instagram Anda di-block.

  1. Cari username melalui browser

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk memastikan akun akun Instagram Anda diblokir seseorang adalah dengan mencari username teman Anda melalui browser.

Baca Juga:  Ada 2 Cara Melacak Keberadaan HP Android yang Hilang atau Dicuri

Format pencarian username Instagram melalui website adalah instagram.com/username. Anda hanya perlu menyalin dan mengubah “username” dengan hadle Instagram teman yang diduga memblokir Anda.

Perlu diingat, saat menggunakan browser, Anda juga harus login ke dalam akun Instagram Anda melalui browser yang sama.

Jika hasil pencarian muncul dan terdapat keterangan “Sorry, this page isn’t available” atau “Maaf, halaman ini tidak tersedia”, ini artinya akun Anda telah diblokir.

BACA: Diam-diam Sony Akan Launching Xperia Baru pada 14 April 2021

Dengan cara ini ada kemungkinan bahwa akun yang Anda cari telah dihapus atau dinonaktifkan.

Untuk mengonfirmasinya, Anda bisa logout terlebih dahulu dari akun Instagram Anda di browser tersebut. Kemudian, lakukan pencarian username dengan cara yang sama, menggunakan jendela penyamaran alias incognito.

Jika Anda dapat melihat profil tersebut, maka Anda dapat yakin bahwa akun Instagram Anda telah diblokir oleh teman.

  1. Periksa riwayat Direct Message

Untuk mengetahui apakah akun Anda diblokir, coba cek riwayat DM dengan pengguna yang diduga memblokir Anda. Klik profilnya. Bila menunjukkan tampilan seperti foto ini, itu artinya akun Anda diblokir. Anda tidak akan bisa mem-follow akun tersebut.

BACA: Amankan Akun Facebook, Sembunyikan dari Google Search dkk

Baca Juga:  3 Aplikasi Perekam Layar (Screen Recorder) Terbaik Untuk Android

Jika Anda pernah bertukar pesan melalui direct message (DM) Instagram dengan orang diduga telah memblokir Anda, coba periksa riwayat obrolan tersebut.

Ada beberapa skenario yang juga bisa terjadi. Pertama, akun Anda telah diblokir pengguna tersebut bila riwayat obrolan di DM Isntagram menghilang.

Kedua, riwayat obrolan di DM masih saja tetap tersedia.

Namun, ketika Anda mengklik profil pengguna tersebut, profil pengguna tersebut tidak menampilkan unggahan atau keterangan “akun ini bersifat privat”. Ini artinya, akun Anda juga telah diblokir oleh pengguna tersebut.

BACA: Mau Jualan Online di Medsos? Konsisten Jadi Syarat Mutlak

  1. Follow kembali

Cara lain untuk mengetahui apakah akun Instagram di-block ialah dengan cara mengikuti (follow) ulang.

Jika Anda dapat melihat profil pengguna yang diduga memblokir Anda, coba periksa apakah Anda bisa mengikutinya (follow). Jika akun Anda diblokir, Anda tidak akan dapat mem-follow akun tersebut sama sekali.

  1. Gunakan akun lain

Cara ini dapat dilakukan apabila kita memiliki akun kedua. Caranya, cari akun orang yang telah memblokir Anda menggunakan akun tersebut. Apabila akun tersebut dapat dideteksi dengan akun lain, dapat disimpulkan bahwa Akun tersebut yang telah memblokir anda.

Yups, Selamat mencoba, semoga berhasil!

BACA: 5 Trik Jitu Memperpanjang Usia Baterai Smartphone

Related posts