Inilah Biang Kerok atau Penyebab Koneksi Internet HP Lemot

Koneksi Internet HP Lemot
Koneksi Internet HP Lemot (BlogPress)

Inilah Biang Kerok atau Penyebab Koneksi Internet HP Lemot, lambat hingga bermenit-menit menunggu loading internet yang leletnya gak karuan

Berdasarkan pengalaman yang dikeluarkan banyak orang terkait penurunan kualitas jaringan dari provider menyimpulkan beberapa penyebab yang sebenarnya bisa diantisipasi sejak awal.

MESKIPUN tidak semua orang mengalami kejadian seperti ini, akan tetapi ada baiknya kita melakukan langkah preventif untuk menghindarkan kita dari kerumitan ketika tidak bisa melakukan aktivitas daring secara maksimal.

Berikut 10 penyebab koneksi Internet lemot yang dirangkum Portabs.com dari IDN Times (12/4/2021).

  1. Cuaca yang buruk

Untuk di Indonesia sendiri, cuaca yang paling mempengaruhi koneksi internet umumnya ketika musim penghujan. Saat hujan deras, entah bagaimana ceritanya koneksi tersebut mendadak berubah jadi tak lancar ataupun melambat. Diperkirakan sinyal-sinyal internet yang ada di udara terhalang oleh titik-titik hujan.

BACA: Cara Mudah Lacak Lokasi Orang Lain via WhatsApp, Tanpa Aplikasi Tambahan

  1. Berada di parkiran

Sering kali ketika di parkiran kamu tidak mendapatkan sinyal ponsel dan internetmu melambat. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya, tempat parkirmu terlalu tinggi; atau parkiranmu memiliki dinding yang tebal dan tertutup hingga sinyal pun tidak dapat dijangkau.

Baca Juga:  5 Trik Jitu Memperpanjang Usia Baterai Smartphone

Hal semacam itu kadang juga terjadi ketika kita berada di dalam terowongan panjang yang menyebabkan tersendatnya akses jaringan internet.

  1. Aplikasi yang mengganggu

Beberapa aplikasi yang aktif terus dapat menjadi alasan koneksi internetmu lambat. Spotify, Instagram dan aplikasi-aplikasi messenger yang menyala bersamaan membuat kecepatan internetmu melambat. Kamu bisa mematikan koneksi seluler aplikasi-aplikasi yang menurutmu tak terlalu berguna atau kamu pakai di menu pengaturan.

BACA: Tips Transfer Data WhatsApp Ke Smartphone Baru, Bisa Untuk Android dan iPhone

  1. Jaringan yang terlalu sibuk

Prime time bisa jadi salah satu masalah. Banyaknya orang yang menggunakan koneksi internet di saat bersamaan menjadikan jaringan terbagi-bagi sehingga mau tak mau menjadi lambat.

Konsepnya sama seperti pengguna WiFi yang terlalu banyak atau ada yang melakukan unduh dengan memakan banyak bandwidth. Kalau sudah seperti ini, satu-satunya solusi adalah menunggu hingga penggunanya berkurang.

  1. Kartu SIM-mu bermasalah

Bisa jadi pula kartu SIM memiliki frekuensi yang berbeda sehingga tiba-tiba koneksi internetmu mati sama sekali. Untuk ini, kamu hanya bisa membawa kartu SIM-mu langsung ke provider untuk dibenarkan.

  1. Kuota yang habis
Baca Juga:  Lumayan dapat dollar perhari dari Popcash!

BACA: Ternyata WhatsApp Web Bisa di Smartphone Android dan iPhone

Dengan penggunaan koneksi internet secara terus-menerus, data akan menyedot kuota internet yang kita miliki tanpa terasa. Bahkan bisa saja kota tersebut hangus sebelum masa aktifnya habis.

Ketika hal itu terjadi, bentuk aktivitas daring kita akan tersendat dan perlu untuk segera mengisi kuota internet yang baru.

  1. Sedang ada perbaikan atau maintenance

Tidak ada yang lebih parah ketimbang ini. Perbaikan ataupun maintenance jelas akan mempengaruhi kecepatan koneksi dan tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu sampai benar. Jika sudah seperti, cobalah bergantung pada WiFi.

BACA: Ada 2 Cara Melacak Keberadaan HP Android yang Hilang atau Dicuri

  1. Sistem operasi yang bermasalah

Koneksi internet lambat tidak selalu menjadi masalah provider. Ada kalanya itu datang dari smartphone-mu sendiri, yaitu dari sistem operasi. Cara untuk mengatasi ini hanyalah dengan melakukan menyalakan ulang ponselmu tersebut dan berharap masalah itu selesai.

Akan tetapi ketika cara tersebut tidak maksimal, maka perlu untuk diperiksakan lebih lanjut pada ahlinya yang berkompeten di bidang service operasi sistem.

Baca Juga:  Internet Jadi Ngebut, Inilah 13 Lokasi Prioritas Dapat Jaringan 5G Pertama di Indonesia

BACA: Aplikasi Muslim Pro, Permudah Kegiatan Ramadhan 1442 H

  1. Jaringanmu kebobolan

Bisa jadi pula portable hotspot-mu lupa kamu matikan dan ada orang yang tersambung dengan hotspot-mu tersebut. Tentu saja kuota yang termakan itu akan melambatkan koneksi jaringanmu sekaligus menghabiskan kuota tersebut.

  1. Layanan provider yang belum sampai ke area tersebut

Jika kamu menggunakan ponselmu saat masuk pedalaman, biasanya koneksi internetmu akan melambat. Itu karena koneksinya terhalang oleh pepohonan, tapi ada satu lagi yang jadi masalah, yaitu area provider-mu belum sampai ke sana. Terlalu jauhnya dari menara sinyal dapat membuat internetmu lambat bukan main.

BACA: Cara Sembunyikan Status WhatsApp Dari Orang yang Tidak Diinginkan

Related posts