Tips Transfer Data WhatsApp Ke Smartphone Baru, Bisa Untuk Android dan iPhone

Memindahkan Chat WhatsApp ke HP baru
ILUSTRASI Foto Memindahkan Chat WhatsApp ke HP baru (Teknologi.id)

Tips dan Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke HP baru Khusus Android bisa juga untuk iOS atau iPhone

Perkembangan ponsel smartphone dengan begitu pesatnya bisa saja membuat para pengguna cepat merasa bosan dan ingin selalu berganti merk HP terbaru sesuai dengan selera dari vendor yang diminati.

Beragam model dan spesifikasi terbaru yang ditawarkan vendor smartphone bisa saja membuat para pengguna pergi ingin untuk meminang HP tersebut. Akan tetapi, terkadang proses pemindahan data dari HP lama ke HP yang baru tersebut cenderung memakan waktu dan membosankan.

Terutama titik harus berpindah dari satu aplikasi di HP lama pada aplikasi di HP baru tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memindahkan data-data penting yang kita miliki di HP sebelumnya.

Terutama data yang terdapat di aplikasi seperti WhatsApp yang telah menjadi aplikasi berkirim pesan paling populer. Dananya kami menghadirkan beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk memindahkan data, baik obrolan maupun media WhatsApp ke HP baru yang baru kita pinang. Bahkan, juga bisa dilakukan untuk WhatsaApp resmi maupun aplikasi WA MOD sekalipun.

WhatsApp telah membuatnya sangat mudah bagi Anda untuk mentransfer obrolan dan file media dari satu smartphone ke smartphone lainnya. Anda hanya perlu mengambil cadangan lengkap data WhatsApp Anda dan kemudian mengembalikannya di ponsel cerdas Anda yang baru.

Terdapat dua cara untuk mengambil cadangan senjata yang ada di WhatsApp HP lama. Entah Anda dapat mengunggahnya di akun Google Drive (untuk Android) atau iCloud (untuk iPhone) atau menggunakan cadangan lokal data WhatsApp Anda yang secara otomatis disimpan oleh WhatsApp di memori internal ponsel Anda.

Baca Juga:  Balas WhatsApp Tanpa Membuka Whatsapp Dulu

Catatan: Anda hanya dapat mentransfer obrolan WhatsApp dan file media dari Android ke Android atau iPhone ke iPhone. Sampai sekarang, tidak ada fasilitas yang tersedia untuk memindahkan data WhatsApp antara Android dan iPhone.

Memindahkan Chat WhatsApp ke HP baru

WhatsApp juga tahu betapa pentingnya data bagi penggunanya dan itulah sebabnya ia menambahkan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk membuat cadangan obrolan WhatsApp di Google Drive atau iCloud. Anda juga dapat mengatur periode waktu ketika Anda ingin membuat cadangan data seperti harian, mingguan atau bulanan.

Sangat mudah untuk mengembalikan obrolan WhatsApp Anda di ponsel baru Anda. Setelah memverifikasi nomor ponsel Anda, WhatsApp akan meminta Anda untuk mengembalikan data cadangan dari akun Google Drive atau iCloud Anda.

BACA: Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp Android dan iPhone

Untuk lebih lengkapnya berikut menjelaskan secara detail terkait proses pemindahan obrolan WhatsApp dan media dengan menggunakan cadangan yang ada di Google Drive.

  • Buka WhatsApp dan ketuk tombol menu (tiga titik di sudut kanan atas layar).
  • Buka Pengaturan > Obrolan > Cadangan obrolan.
  • Pengaturan obrolan WhatsApp Di bawah pengaturan Google Drive, klik opsi Akun dan pilih akun Google Anda tempat Anda mengunggah cadangan WhatsApp.
  • Centang tombol “Sertakan video” jika Anda ingin membuat cadangan video WhatsApp Anda juga.
  • Cadangkan obrolan dan media WhatsApp Selanjutnya, ketuk tombol “Cadangkan” dan tunggu sampai mengunggah data Anda.
  • Setelah ini, instal WhatsApp di ponsel baru Anda dan verifikasi nomor ponsel Anda.
  • Verifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp Setelah memverifikasi nomor ponsel Anda, WhatsApp akan mencari data cadangan di akun Google Drive Anda dan meminta Anda mengembalikannya.
  • Cukup, ketuk tombol “Kembalikan”. Kembalikan obrolan WhatsApp dari cadangan Google Drive Jika Anda tidak mengembalikannya sekarang, Anda tidak akan dapat mengembalikannya nanti.
  • Pastikan Anda telah masuk ke akun Google yang sama dengan tempat Anda mengunggah cadangan.

BACA: Cara Melindungi Privasi dan Sembunyikan Status Online WhatsApp

Baca Juga:  Eits, WhatsApp Sedang Uji Fitur Transfer Chat dari iOS ke Android, Berhasil?

Sekarang WhatsApp akan secara otomatis mengunduh data cadangan (obrolan dan file media) dan mengembalikannya di ponsel baru Anda. Itu dia.

Meskipun cara ini terbilang cukup sederhana, namun Untuk memindahkan cadangan dari Google Drive membutuhkan waktu relatif tergantung kecepatan internet yang kita miliki. Langkah tersebut juga bisa digunakan untuk memindahkan dari iCloud untuk pengguna iPhone.

Pindahkan Data WhatsApp ke HP baru menggunakan cadangan lokal

Dikutip Portabs.com dari Eztekno.com WhatsApp akan secara otomatis mengambil cadangan lokal dari riwayat obrolan Anda setiap hari pada pukul 02:00. Cadangan lokal disimpan dalam memori internal ponsel Anda di folder / WhatsApp / Database.

BACA: Cara Ganti Tema WhatsApp di HP Android Jadi iPhone, Cantik Banget

Dalam metode ini, Anda harus mentransfer obrolan WhatsApp dan file media ke ponsel Android baru Anda secara manual menggunakan cadangan lokal. Ikuti panduan langkah demi langkah ini –

  • Buka WhatsApp dan ketuk tombol menu (tiga titik di sudut kanan atas layar).
  • Setelah ini, buka Pengaturan > Obrolan > Obrolan cadangan.
  • Jika Anda ingin mengambil cadangan terbaru dari obrolan WhatsApp Anda sehingga Anda tidak kehilangan data apa pun, Anda dapat mengambil cadangan lokal secara manual.
  • kemudian, ketuk tombol “Cadangkan”. Sekarang Anda harus mentransfer / Memori Internal / folder WhatsApp dari ponsel lama Anda ke lokasi yang sama di ponsel baru Anda.

Di samping beberapa cara yang bisa dilakukan di atas, terdapat juga cara sederhana dengan meminta bantuan dari aplikasi semacam SHAREIT ataupun menggunakan kabel USB dengan menggunakan bantuan laptop untuk dipindahkan pada memori internal telepon baru.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp Aktif dalam Satu HP Android

BACA: Cara Mudah Lacak Lokasi Orang Lain via WhatsApp, Tanpa Aplikasi Tambahan

Kita juga bisa menggunakan komputer sebagai perantara untuk mentransfer data WhatsApp.

  • Pertama, hubungkan ponsel lama Anda dengan komputer melalui USB dan salin folder WhatsApp di komputer.
  • Sekarang sambungkan ponsel baru Anda dan pindahkan folder WhatsApp ke memori internal.
  • Gunakan kartu SD. Terakhir, Anda juga dapat menggunakan kartu SD untuk mentransfer data WhatsApp.
  • Kemudian, salin folder WhatsApp dari ponsel lama Anda ke kartu SD. Sekarang masukkan kartu SD di ponsel baru Anda dan pindahkan data WhatsApp ke / Memori Internal / lokasi WhatsApp.

Sekarang WhatsApp akan secara otomatis mengunduh data cadangan (obrolan dan file media) dan mengembalikannya di ponsel baru Anda.

Jadi itulah cara Anda dapat mentransfer obrolan WhatsApp dan file media ke ponsel baru Anda menggunakan Google Drive dan cadangan lokal. Beri tahu kami metode mana yang terbaik. Jika Anda menghadapi masalah, silahkan membagikannya di bagian komentar.

BACA: Ternyata WhatsApp Web Bisa di Smartphone Android dan iPhone

Related posts